Cholifah, Tety Nur PROFIL LITERASI MEMBACA DAN LITERASI BUDAYA SISWA DALAM MENDUKUNG PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8 (1). ISSN 2620-7184
![[thumbnail of Profil Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa dalam Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Profil Literasi Membaca dan Literasi Budaya Siswa dalam Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar.pdf
Download (213kB)
Abstract
Kurikulum Merdeka Belajar merupakan salah satu inovasi pendidikan Indonesia untuk memaksimalkan potensi dan minat belajar siswa. Implementasi kurikulum Merdeka memiliki tujuan yaitu mempersiapkan individu agar memiliki pribadi yang produktif, kritis, kreatif dan inovatif sehingga Kurikulum Merdeka ini menekankan pada penguatan literasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil literasi membaca dan literasi budaya di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif
kualitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa sekolah dasar di kelas V sebanyak 75 orang siswa dan guru sebanyak 15 orang di 3 sekolah. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, soal tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diperoleh bahwa literasi membaca siswa sekolah dasar masuk dalam kriteria
sedang dengan persentase ketercapaian sebesar 68,82%, sedangkan literasi budaya dan kewargaan diperoleh kriteria tinggi dengan ketercapaian sebesar 78,22%. Saran yang dapat diajukan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan partisipasi orang tua dan masyarakat dalam penerapan literasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Membaca, Literasi Budaya, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 02 Jul 2025 06:16 |
Last Modified: | 02 Jul 2025 06:16 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1815 |