Yanti, Yulia Eka and Mashitho, Dewi HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA BANGELAN KECAMATAN WONOSARI. Primary Education Journal, 4 (1). ISSN 2776-4976
![[thumbnail of HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI.pdf
Download (378kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara literasi membaca dengan keterampilan komunikasi
siswa sekolah dasar. Terlihat siswa kurang memiliki kepercayaan diri dalam memberikan gagasan baik secraa lisan
maupun tertulis. Karena kondisi tersebut penulis tertarik untuk melihat lebih jauh penyebab atau faktor pendukung yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Tujuan penulis adalah untuk mengetahui apakah
ada hubungan yang signifikan antara literasi membaca dengan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Negeri di Desa
Bangelan, Kecamatan Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif non eksperimental atau
penelitian dengan jenis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran literasi membaca memiliki hubungan
yang signifikan dengan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Negeri Bangelan Wonosari. Pengujian signifikansi
ini didapat dengan membandingkan nilai r hitung dan r tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung signifikan.
Terlihat bahwa nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0.000 < 0.643). Sehingga koefisien korelasi sebesar 0.000 ini dinyatakan signifikan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara literasi membaca dan keterampilan komunikasi siswa kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi membaca, keterampilan komunikasi, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 03 Jul 2025 03:07 |
Last Modified: | 03 Jul 2025 03:07 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1822 |