HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA BANGELAN KECAMATAN WONOSARI

Yanti, Yulia Eka and Mashitho, Dewi HUBUNGAN LITERASI MEMBACA DENGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI SISWA KELAS V SD NEGERI DI DESA BANGELAN KECAMATAN WONOSARI. Universitas Islam Raden Rahmat Malang, Malang.

[thumbnail of Turnitin Hubungan.pdf] Text
Turnitin Hubungan.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara literasi membaca dengan keterampilan komunikasi
siswa sekolah dasar. Terlihat siswa kurang memiliki kepercayaan diri dalam memberikan gagasan baik secraa lisan
maupun tertulis. Karena kondisi tersebut penulis tertarik untuk melihat lebih jauh penyebab atau faktor pendukung yang
dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi siswa. Tujuan penulis adalah untuk mengetahui apakah
ada hubungan yang signifikan antara literasi membaca dengan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Negeri di Desa
Bangelan, Kecamatan Wonosari. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif non eksperimental atau
penelitian dengan jenis korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran literasi membaca memiliki hubungan
yang signifikan dengan keterampilan komunikasi siswa kelas V SD Negeri Bangelan Wonosari. Pengujian signifikansi
ini didapat dengan membandingkan nilai r hitung dan r tabel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa r hitung signifikan.
Terlihat bahwa nilai r hitung lebih besar dari nilai r tabel (0.000 < 0.643). Sehingga koefisien korelasi sebesar 0.000 ini dinyatakan signifikan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara literasi membaca dan keterampilan komunikasi siswa kelas V sekolah dasar

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: literasi membaca, keterampilan komunikasi, sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 03 Jul 2025 03:32
Last Modified: 03 Jul 2025 03:32
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1825

Actions (login required)

View Item
View Item