PENDEKATAN SISTEM AMONG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 2 TEGAL SARI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

Rohman, Abdur (2024) PENDEKATAN SISTEM AMONG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN 2 TEGAL SARI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061030-ABDUR ROHMAN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061030-ABDUR ROHMAN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061030-ABDUR ROHMAN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061030-ABDUR ROHMAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061030-ABDUR ROHMAN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061030-ABDUR ROHMAN-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hasil observasi pada tanggal 20 Mei 2024 dilakukan kepada murid kelas IV di SDN 2 Tegal Sari, Kabupaten Malang. Sesuai dengan data yang diperoleh, tingkat berpikir kritis pada murid kelas IV tahun ajaran 2023/2024 adalah di bawah
rata-rata. Selain itu kecenderungan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas IV hanya dengan mengaplikasikan metode ceramah serta model yang sangat konvensional. Ini terlihat ketika peneliti melaksanakan pra observasi di SD tersebut,
sehingga peneliti menarik sebuah kesimpulan bahwa penggunaan metode dan model adalah salah satu faktor turunnya perhatian dan minat murid yang berdampak pada kemampuan berfikir kritis. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan
berpikir kritis murid adalah penerapan model pembelajaran. Pengimplementasian model pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan berpikir kristis sangat beragam, diantaranya adalah; Student Centered Learning, Problem Based
Learning, pembelajaraan kooperatif, inkuiri dan sebagainya. Model pembelajaran jarang sekali untuk menerapkan pendekatan sistem among dalam proses pembelajaran. Pendekatan sistem among ini memiliki relevansi terhadap pembelajaran yang berlangsung di sekolah-sekolah terutama pada jenjang sekolah
dasar.Desain penelitian yang diaplikasikan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pada penelitian ini, model PTK yang digunakan yaitu model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc.Taggart “alasan mengapa peneliti menggunakan model ini karena model ini terkenal dengan proses siklus putaran spiral refleksi diri yang dimulai dengan Rencana, Tindakan, Pengamatan, Refleksi, dan Perencanaan Kembali yang merupakan dasar ancang-ancang pemecahan masalah”. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Tegal Sari Kabupaten Malang. Penerapan model pembelajaran sistem among ini dilaksanakan pada murid kelas IV semester 2 sebanyak 17 siswa yang mengikuti pelajaran Pendidikan Pancasila. Berdasarkan hasil penerapan pendekatan sistem among selama pembelajaran berlangsung, siswa lebih antusias dan semangat sehingga hal tersebut mempengaruhi tingkat kemampuan kritis siswa serta berimplikasi pada hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar dan kemampuan berpikir
kritis siswa pada saat pre test dengan hasil persentase 47,07% dengan kategori kurang, lantas berdasarkan persentase data tersebut pada pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan menjadi 70,58% dengan selisih 23,51%. Kemudian kembali terjadi peningkatan pada siklus I ke siklus II menjadi 88,24% dengan selisih 17,66%. Penerapan pendekatan sistem among dikatakan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena dalam langkah-langkah pembelajaran pendekatan ini mencakup semua indikator yang ada dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan di saat yang sama meningkatkan hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sistem Among, Berpikir Kritis, Pendidikan Pancasila
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:26
Last Modified: 25 Sep 2025 07:26
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1852

Actions (login required)

View Item
View Item