Cahyani, Arta Familia (2024) PENGEMBANGAN MEDIA CARPUZ (CARD PUZZLE) PADA PEMBELAJARAN PPKN MENGENAL MACAM BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI BUDAYA KELAS IV SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061019-ARTA FAMILIA CAHYANI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061019-ARTA FAMILIA CAHYANI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061019-ARTA FAMILIA CAHYANI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061019-ARTA FAMILIA CAHYANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061019-ARTA FAMILIA CAHYANI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061019-ARTA FAMILIA CAHYANI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran CARPUZ (Card Puzzle) untuk meningkatkan literasi budaya siswa kelas IV yang efektif dan beragam agar siswa mampu melaksanakan pembelajaran dikelas bertujuan untuk mengenal macam budaya dan meningkatkan literasi budaya. Literasi budaya merupakan kemampuan individu dan masyarakat untuk mengeksplorasi informasi mengenai budaya
serta memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk menstimulasi kemampuan literasi budaya pada anak usia
10-11 tahun serta membantu guru untuk dapat berinovasi dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis bermain, terkhusus media CARPUZ untuk meningkatkan literasi budaya dalam bersikap terhadap lingkungan sosialnya sebagai bagian dari suatu budaya dan bangsa.Pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development) digunakan untuk mencapai tujuan
diatas, dengan mengikuti prosedur dari Borg an Gall untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Model penelitian dan pengembangan ini menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima langkah pelaksanaan strategi penelitian dan pengembangannya. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli media dan ahli materi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa sasaran literasi budaya di SDN 1 Urek-urek dapat dilakukan melalui tahapan pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) development, 4)
Implementation, 5) Evaluation. Instrument yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, lembar kerja tes siswa keterampilan berpikir kritis dengan Teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator ketercapaian ketrampilan berpikir kritis yang diukur adalah aspek membaca, menganalisis dan mengevaluasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Carpuz (Card Puzzle), Literasi Budaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:33 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:33 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1858 |