PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU DALAM MENINGKATKA NMOTIVASI BELAJAR SISWA KELASIVSEKOLAHDASAR

Rizkika, Devi Berliana (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) BERBASIS APLIKASI ASSEMBLR EDU DALAM MENINGKATKA NMOTIVASI BELAJAR SISWA KELASIVSEKOLAHDASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061028-DEVI BERLIANA RIZKIKA - BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061028-DEVI BERLIANA RIZKIKA - BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061028-DEVI BERLIANA RIZKIKA - BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061028-DEVI BERLIANA RIZKIKA - BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061028-DEVI BERLIANA RIZKIKA - BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061028-DEVI BERLIANA RIZKIKA - BAB 5.pdf

Download (978kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar siswa kelas IV SD Negeri 8 Donomulyo yang masih terbilang rendah. Peneliti mengembangkan media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbasis aplikasi Assemblr Edu sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbasis aplikasi Assemblr Edu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar siswa
melalui pengembangan media pembelajaran Augmented Reality (AR) berbasis aplikasi assemblr Edu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini berdasarkan tahapan model 4D, yaitu : 1) Define (Tahap pendefinisian), 2) Design (Tahap perancangan), 3) Develop (Tahap pengembangan), Desseminate (Tahap Penyebaran). Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi ahli media dan ahli materi, lembar observasi, wawancara terstruktur, angket, latihan dan respon siswa. Hasil yang didapatkan dari validasi ahli materi yaitu sebesar 95,5% dengan kategori sangat valid atau sangat layak digunakan. Presentase hasil
validasi media yaitu 88% sangat valid atau sangat layak digunakan. Berdasarkan angket motivasi siswa didapatkan presentase motivasi belajar siswa meningkat
sesuai indikator motivasi belajar siswa, yaitu dari 39,7% menjadi 83,6% dan mengalami kenaikan sebesar 43,9% yang menunjukan hasil sangat baik, artinya motivasi belajar siswa kelas IV Sekolah Dasar meningkat setelah menggunakan
media pmbelajaran Augmented Reality (AR) berbasis Aplikasi Assemblr Edu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality (AR), motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:34
Last Modified: 25 Sep 2025 07:34
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1859

Actions (login required)

View Item
View Item