KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS

Oktiningrum, Wuli and Wardhani, Dyah A. P. KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran. ISSN 2581-172X

[thumbnail of 2019_Kemampuan Pemecahan Masalah.pdf] Text
2019_Kemampuan Pemecahan Masalah.pdf - Published Version

Download (248kB)

Abstract

High Order Thinking Skill atau HOTS merupakan suatu kemampuan yang harus
dimiliki oleh setiap siswa untuk menghadapi perkembangan abad 21. HOTS meliputi
kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar melalui
soal HOTS yang telah dirancang secara valid dan praktis. Subjek penelitian ini adalah
120 siswa kelas 6 dari sekolah dasar yang berbeda. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan materi dengan menggunakan evaluasi formatif. Data
didapatkan melalui kajian pustaka terkait dengan pengembangan HOTS,
kemampuan literal siswa, pengembangan soal PISA, dan penelitian tentang
pengembangan soal matematika berbasis HOTS sebelumnya yang relevan. Penelitian
ini mengembangkan soal HOTS yang divalidasi oleh 7 ahli dan guru matematika.
Selain itu, soal juga divalidasi secara empiris melalui tes reliabilitas dan validitas.
Hasil penelitian ini menghasilkan paket soal HOTS yang didesain untuk
meningkatkan kemampuan matematika siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 22 May 2023 02:32
Last Modified: 22 May 2023 02:32
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item
View Item