Rasyid, Hamidi and Zuhro, Maulina Arofati PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII MTS TAUFIQIYAH NGAJUM. Universitas Muhammadiyah Sukabumi, Sukabumi.
![[thumbnail of Turnitin PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Turnitin PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL.pdf
Download (559kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran pada mata
pelajaran IPS kelas VIII MTs Taufiqiyah Ngajum. Banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar
siswa khususnya ranah kognitif siswa yang peneliti jumpai dalam proses pembelajaran. Tujuan
penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan hasil
belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode Research and Development (RnD) dengan pendekatan kualitatif. Adapun model RnD
yang digunakan adalah model ADDIE (Analize, Design, Development. Implementation, dan
Evaluation). Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber: hasil wawancara,
observasi, dan dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan
hasil belajar khususnya pada ranah kognitif siswa. Pada analisis awal nilai rata-rata peserta didik pada
ulangan sumatif terkait materi mengenal negara ASEAN, interaksi sosial, pluralitas masyarakat
Indonesia mencapai 58. Setelah menggunakan media ular tangga nilai rata-rata ulangan harian pada
materi mengenal negara ASEAN, interaksi sosial, pluralitas masyarakat Indonesia mengalami
peningkatan yang cukup signifikan dengan rata-rata nilai mencapai 78, hal tersebut terbukti dari
peningkatan signifikan dari hasil rata-rata nilai siswa dari 58 ke 78.
Item Type: | Other |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Ular Tangga, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 08 Sep 2025 04:41 |
Last Modified: | 08 Sep 2025 04:41 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1862 |