PROFIL MINAT BACA SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE READING ALOUD DI SD NEGERI 02 BRINGIN

Khotimah, Diana Aprilia Khusnul (2024) PROFIL MINAT BACA SISWA MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE READING ALOUD DI SD NEGERI 02 BRINGIN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061001-DIANA APRILIA KHUSNUL K-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061001-DIANA APRILIA KHUSNUL K-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061001-DIANA APRILIA KHUSNUL K-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061001-DIANA APRILIA KHUSNUL K-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061001-DIANA APRILIA KHUSNUL K-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-20862061001-DIANA APRILIA KHUSNUL K-BAB 5.pdf

Download (941kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 02 Bringin, merupakan suatu upaya yang ditempuh agar dapat mewujudkan pembiasaan membaca pada siswa, meningkatkan kemampuan literasi, serta secara khusus mampu meningkatkan minat baca siswa pada kelas I. Penerapan metode reading aloud (membaca keras) menjadi salah satu metode yang sangat efektif dalam mendukung kegiatan literasi tersebut, karena dengan metode ini dapat mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan, juga menciptakan pengetahuan yang menjadi dasar bagi anak, membangun koleksi kata/kosakata (vocabulary), dan memberikan cara membaca yang baik (reading role model). Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi Sekolah melalui metode reading aloud untuk meningkatkan minat baca siswa, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi Gerakan Literasi Sekolah
pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 02 Bringin.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif Deskriptif. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 1) Pengumpulan Data (Collection data), 2) Kondensasi Data (Condensation data), 3) Penyajian Data
(Data display), Penarikan Kesimpulan (Drawing and Verifyng Conclusion). Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan 2 pendekatan, yaitu pertama menggunakan teknik pendekatan kualitatif, berupa observasi, wawancara dan dokumentasi dan teknik pendekatan kuantitatif, berupa lembar angket siswa dan hasil validasi oleh para ahli. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan Gerakan
Literasi Sekolah mampu meningkatkan minat baca siswa pada kelas 1 di SD Negeri 02 Bringin. Hal ini diketahui berdasarkan perolehan hasil angket siswa yang menunjukkan bahwa 1) Siswa merasa senang dan antusias dalam penerapan
Gerakan Literasi Sekolah, 2) Siswa merasa tertarik siswa kegiatan literasi, 3) Siswa mampu menyimak dan memahami materi bacaan literasi, 4) Siswa selalu terlibat
dalam penerapan Gerakan Literasi, 5) Banyak perubahan yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa serta pengaruh yang besar terhadap minat baca siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Minat Baca Siswa, Gerakan Literasi Sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 Sep 2025 07:45
Last Modified: 25 Sep 2025 07:45
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item
View Item