Safitri, Elina Endang (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MADING 3D TUNGTUNGCRIT BERBASIS DIGITAL SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061027-ELINA ENDANG SAFITRI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061027-ELINA ENDANG SAFITRI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061027-ELINA ENDANG SAFITRI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061027-ELINA ENDANG SAFITRI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061027-ELINA ENDANG SAFITRI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061027-ELINA ENDANG SAFITRI-BAB 5.pdf
Download (962kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan kemampuan siswa SDN 5 Jatiguwi dalam pembelajaran matematika dan bahasa Indonesia, siswa tidak suka mata pelajaran tersebut disebabkan karena faktor tidak senang dalam berhitung dan
membaca. Banyak faktor yang menjadi penyebab, salah satunya yaitu literasi numerasi yang diterapkan oleh guru dalam proses pembelajaran kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang tidak variatif atau monoton dalam menggunakan metode penyampaian searah dari guru ke peserta didik dan jarang menggunakan bantuan media pembelajaran yang menarik sebagai sarana pemicu peserta didik agar berminat membaca dan berhitung sebagai salah satu strategi penerapan literasi numerasi.Mengatasi masalah tersebut peneliti mengembangkan media pembelajaran
mading 3D Tungtungcrit berbasis digital sebagai upaya peningkatan kompetensi literasi numerasi siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini berdasarkan tahapan model 4D (four D), yaitu: 1) define (pendefinisian), 2) design (perancangan), 3) develop (pengembangan), dan 4. disseminate (penyebaran).
Instrument yang digunakan yaitu lembar observasi, angket, dan tes soal yang terliterasi numerasi dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.Hasil yang didapatkan dari validasi ahli materi yaitu sebesar 85.7 %.
dengan kategori sangat valid atau sangat layak digunakan. Persentase hasil validasi ahli media yaitu 97.5 % dengan kategori sangat valid atau layak digunakan. Kelayakan media berdasarkan hasil angket respon siswa pada uji coba kelompok
kecil sebesar 96.6 % dan pada uji coba kelompok besar sebesar 90.8 %, dan hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Peningkatan literasi numerasi siswa kelas V SDN 5 Jatiguwi diperoleh dari hasil perhitungan uji gain (N-Gain). Hasil uji gain menunjukkan nilai lebih besar dari 1 yaitu 1,15. Hasil perhitungan uji gain tersebut menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa kelas V SDN 5
Jatiguwi meningkat setelah menggunakan media pembelajaran mading 3D tungtungcrit berbasis digital.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, mading 3D, kemampuan literasi numerasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:45 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:45 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1865 |