Iyad, Fitria Arfatul (2024) PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH DENGAN MEDIA MAGIC CARD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS II PADA MATERI PERKALIAN DI SD ISLAM SALAFIYAH. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061039-FITRIA ARFATUL IYAD-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061039-FITRIA ARFATUL IYAD-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061039-FITRIA ARFATUL IYAD-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061039-FITRIA ARFATUL IYAD-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061039-FITRIA ARFATUL IYAD-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061039-FITRIA ARFATUL IYAD-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Literasi Numerasi merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada penelitian ini berdasarkan wawancara dengan guru kelas 2 yang menyatakan bahwa nilai ujian harian dibawah KKM, sehingga dapat
disimpulkan 60% dari seluruh jumlah siswa kemampuan literasi numerasi menurun dan tidak hanya itu saja siswa juga mengalami kesulitan dalam melakukan oprasi hitung perkalian dikarenakan pemahaman konsep oprasi hitung yang dimiliki siswa sangat lemah. Tujuan penelitian yaitu untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas 2 pada materi perkalian pada pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran make a match dengan media magic card. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas atau Classroom Action Research. Penelitian tindakan kelas PTK adalah proses investigasi terkendali untuk menemukan dan memecahkan masalah pembelajaran di kelas, yang dilakukan dengan 2 siklus, langkah-langkah PTK pada penelitian ini menurut kemmis dan mc taggart adalah sebagai berikut 1). perencanaan 2). Tindakan 3). Observasi 4). Refleksi. Instrumen pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan 1). Observasi 2). Wawancara 3). Dokumentasi 4). Tes (pretest dan posttest). Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 1). Kemampuan matematisasi 2). Kemampuan menggunakan alat matematika 3). Kemampuan
dalam memecahkan masalah. 4). Kemampuan penalaran dan argumentasi.Berdasarkan dari hasil pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi numersi pada mata pelajaran matematika, penelitian menggunakan penerapan model make a match dengan menggunkan media magic card hal ini
dapat dibuktikan bahwa untuk meningkatkan literasi numerasi dapat dilihat dari ketuntasan pembelajaran siswa dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 60. Terbukti pada presentasi ketuntasan belajar Pre test 23,33%
meningkat pada hasil Post test siklus I sebesar 63.33%, dan meningkat lagi pada proses post test siklus II sebesar 80%. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran make a match dengan menggunakan media magic
card dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa pada mata pelajaran Matematika di SD Islam Salafiyah Gondanglegi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi Numerasi, Make A Match , Magic Card |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:50 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:50 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1869 |