Vidayanti, Laila Nur (2024) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV SDN PAMOTAN V PADA MATA PELAJARAN IPAS. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061023-LAILA NUR VIDAYANTI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061023-LAILA NUR VIDAYANTI-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061023-LAILA NUR VIDAYANTI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061023-LAILA NUR VIDAYANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061023-LAILA NUR VIDAYANTI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061023-LAILA NUR VIDAYANTI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Keaktifan dalam pembelajaran adalah hal yang sangat penting dan merupakan kunci dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Faktor-faktor yang mendorong penelitian ini termasuk kurangnya perhatian siswa selama pembelajaran
berlangsung, keterlibatan siswa yang rendah dalam proses pembelajaran, dan penggunaan media yang rendah selama kegiatan belajar di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan apakah penggunaan wordwall sebagai
media pembelajaran interaktif dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa di kelas IV SDN Pamotan V pada mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis penelitian yang
digunakan. Model PTK yang digunakan adalah model Suharsimi Arikunto. Siklus I dan Siklus II dari penelitian melibatkan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini mengumpulkan data menggunakan wawancara, lembar observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif wordwall dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS. Pada siklus I, keaktifan siswa mencapai 97% dengan skor sangat baik, dan pada siklus II, keaktifan siswa mencapai 88,2% dengan skor sangat baik. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa dapat dilihat
melalui skor uji gain yakni pada siklus I menghasilkan hasil uji gain score yaitu skor ternormalisasi 0,47 yang dikategorikan sedang dan pada siklus II memperoleh skor ternormalisasi 0,69 dengan kategori sedang. Oleh karena itu, wordwall adalah media pembelajaran interaktif wordwall dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, wordwall, keaktifan dan hasil belajar kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:52 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1872 |