Asy’ari, M. Hasyim (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF GOOGLE SITES TEMA 6 SUB TEMA 1 MATERI SUHU DAN KALOR UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061032-M. HASYIM ASY'ARI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061032-M. HASYIM ASY'ARI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061032-M. HASYIM ASY'ARI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061032-M. HASYIM ASY'ARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061032-M. Hasym Asy'ari -BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061032-M. Hasym Asy'ari -BAB 5.pdf
Download (961kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya interaksi dalam pembelajaran, siswa dinilai kurang berinteraksi dalam proses pembelajaran, terutama karena penggunaan media dan metode konvensional yang tidak mendorong keterlibatan
aktif mereka dalam pembelajaran. Rendahnya skor literasi sains siswa. Sedangkan tujuannya adalah 1) Untuk mengetahui kevalidan dan kelayakan media pembelajaran interaktif google sites materi suhu dan kalor dalam meningkatkan
kemampuan litarasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa kelas V Sekolah Dasar setelah diterapkan media pembelajaran interaktif google sites materi suhu dan kalor.
Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD. Penelitian dilakukan berdasarkan tahapan pengembangan model ADDIE, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan
yaitu lembar observasi, wawancara, angket, dan soal tes literasi sains dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V SDN 2 Blayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang dengan jumlah 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran memperoleh skor 50 dengan presentase 96%, hasil validasi materi memperoleh
skor 59 dengan presentase 98%, hasil respon angket siswa kelompok kecil dan kelompok besar yaitu 99% dan 98%. Hasil tersebut berarti media sangat valid dan layak digunakan. Hasil uji gain literasi sains pada kelompok besar menunjukkan angka 0,87. Klasifikasi dari hasil perhitungan uji gain ini termasuk dalam kategori tinggi, yang berarti literasi sains siswa mengalami peningkatan setelah penggunaan media pembelajaran interaktif google sites.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran interaktif, google sites, literasi sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:52 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:52 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1873 |