Abidin, Zainal (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY (AR) MELALUI APLIKASI ASSEMBLER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061010-ZAINAL ABIDIN - BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061010-ZAINAL ABIDIN - BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061010-ZAINAL ABIDIN - BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061010-ZAINAL ABIDIN - BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-20862061010-ZAINAL ABIDIN -BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-20862061010-ZAINAL ABIDIN -BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi belum optimalnya hasil belajar siswa yang terdapat lebih dari 60% siswa belum mencapai KKM serta belum di kelola secara maksimal. Selain itu, aktivitas pembelajaran siswa menerima materi dari
informasi yang disampaikan dengan kata atau kalimat menggunakan metode ceramah sebagai sumber belajar tunggal. Hal tersebut berakibat pada siswa yang hanya mengetahui istilah dalam pembelajaran IPA tanpa mengerti visual yang
nyata. Diketahui dalam pembelajaran IPA tersebut diperoleh kata-kata yang sulit, Sehingga siswa mendapatkan kesulitan dalam memahami arti dari istilah tersebut.Solusi tersebut mengarahkan peneliti untuk membuat media pembelajaran yang
dapat dilihat siswa kapanpun dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) Mengetahui Kelayakan dan Kevalidan Penggunaan Media Augmented Reality (AR) Melalui Aplikasi Assembler untuk Meningkatkan Hasil
Belajar Pembelajaran IPA Siswa Kelas V. 2) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Media Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar.Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian pengembangan atau Reserch and Development (R&D). Model yang digunakan oleh peneliti adalah model Borg And Gall yang dikembangkan oleh sugiyono tahun 2011. Tahapan
yang digunakan dalam model pengembangan ini adalah : 1) tahap pengumpulan informasi; 2) tahap perencanaan; 3) tahap pengembangan produk; 4) tahap validasi dan kelayakan; 5) Revisi Produk Awal 6) ujicoba terbatas, 7) Revisi
produk kedua, 8) uji coba utama, 9) revisi produk akhir Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan berikut : wawancara,
tes, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Media Augmented Reality (AR) yang dikembangkan dinyatakan valid dan layak untuk digunakan
sebagai bahan media pembelajaran, persentase dari ahli materi 96% dan dari ahli media 88%. Selain itu Penggunan Media Augmented Reality (AR) dapat Meningkatkan hasil belajar siswa dan mendapatkan rata-rata nilai terhadap materi melalui media Augmented Reality (AR) yaitu nilai pretest mendapatkan 59,75%, sedangkan hasil postest mendapatkan 90%. Peningkatan hasil belajar melalui
angket sebelum penerapan mendapatkan hasil 69% sedangkan hasil angket setelah penerapan media mendapatkan 88%. Oleh karena itu, pemahaman siswa terhadap hasil belajar dinyatakan Berhasil. Hasil akhir menyatakan bahwa, penggunaan media Augmented Reality (AR) dinyatakan “Meningkat”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Assembler, Augmented Reality |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 25 Sep 2025 07:56 |
Last Modified: | 25 Sep 2025 07:56 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1880 |