Pratama, Fajar Anuraga (2024) PERANCANGAN USER INTERFACE PADA APLIKASI OKEJEK MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-SI-1957201012-FAJAR ANURAGA PRATAMA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-SI-1957201012-FAJAR ANURAGA PRATAMA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-SI-1957201012-FAJAR ANURAGA PRATAMA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-SI-1957201012-FAJAR ANURAGA PRATAMA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-SI-1957201012-FAJAR ANURAGA PRATAMA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-SI-1957201012-FAJAR ANURAGA PRATAMA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sebagai penyedia layanan berbasis aplikasi mobile, Okejek dipengaruhi oleh berbagai faktor untuk menciptakan sistem transportasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.
Okejek mengutamakan UI dan UX untuk menciptakan sistem transportasi yang nyaman dan mudah digunakan. Memahami kebutuhan pengguna dan memberikan solusi adalah kunci untuk meningkatkan kualitas layanan dan mencapai keunggulan kompetitif. Perancangan UI/UX pada aplikasi Okejek menggunakan metode design thinking, yang berfokus pada empati dan inovasi berkelanjutan melalui lima fase: Empathize, Define, Ideate, Prototype dan Test. Pada tahap empathize, wawancara dan observasi dilakukan untuk memahami kebutuhan pengguna. Analisis data pada tahap define
mengidentifikasi masalah utama. Tahap ideate melibatkan brainstorming untuk solusi kreatif, diikuti oleh pembuatan prototype dan testing untuk mengevaluasi kesesuaian
rancangan. Peneliti menggunakan User ExperienceQuestionnaire (UEQ) untuk mengukur tingkat usability dan kepuasan pengguna. Dari 33 responden, hasil UEQ menunjukkan nilai rata-rata tinggi pada semua aspek, seperti daya tarik (2,237), kejelasan (2,303), efisiensi (2,159), ketepatan (2,303), stimulasi (2,356), dan kebaruan (2,114). Analisis benchmark menunjukkan aplikasi Okejek mendapat nilai excellent pada semua aspek. Penerapan design thinking secara efektif menyelaraskan aplikasi dengan kebutuhan pengguna, meningkatkan kepuasan dan pengalaman pengguna.
Disarankan agar umpan balik pengguna terus dipertahankan untuk memastikan peningkatan berkelanjutan dan adaptasi aplikasi sesuai harapan pengguna yang berkembang.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain UI/UX, Pemikiran Desain, Kuesioner Pengalaman Pengguna (UEQ) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Sep 2025 03:08 |
Last Modified: | 26 Sep 2025 03:08 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1892 |