Meditama, Ratna Fajarwati and Al Maida, Nur and ‘Izzah, Nida Mukhlishotul and Firdausi, Rofiqoh Dampak Bermain Gamelan pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Usia Sekolah Dasar di Laboratorium Seni Purwasaba Malang. Jurnal Pendidikan dan Literasi Madrasah Ibtidaiyah, 4 (1). pp. 26-32. ISSN e-issn 2963-4709
![[thumbnail of Dampak Bermain Gamelan pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Usia.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Dampak Bermain Gamelan pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Usia.pdf
Download (445kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak aktivitas bermain gamelan terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa usia sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Seni Purwasaba Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek
penelitian terdiri dari delapan siswa berusia 7–12 tahun yang aktif mengikuti kegiatan gamelan secara rutin. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain gamelan berdampak positif terhadap aspek kognitif siswa, terutama dalam peningkatan durasi fokus, ketahanan belajar, serta penurunan perilaku distraktif. Aktivitas musikal yang bersifat terstruktur dan kolaboratif dalam gamelan terbukti melatih regulasi atensi dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Temuan
ini mengindikasikan bahwa musik tradisional dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam mendukung perkembangan konsentrasi anak usia sekolah dasar
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsentrasi belajar, Musik Gamelan, Kognitif Siswa, Aktivitas Musikal, Siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 13 Sep 2025 02:06 |
Last Modified: | 13 Sep 2025 02:06 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1898 |