Dampak Bermain Gamelan pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Usia Sekolah Dasar di Laboratorium Seni Purwasaba Malang

Meditama, Ratna Fajarwati and Al Maida, Nur and ‘Izzah, Nida Mukhlishotul and Firdausi, Rofiqoh Dampak Bermain Gamelan pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Usia Sekolah Dasar di Laboratorium Seni Purwasaba Malang. Jurnal Pendidikan dan Literasi Madrasah Ibtidaiyah, 4 (1). pp. 26-32. ISSN e-issn 2963-4709

[thumbnail of Dampak Bermain Gamelan pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Usia.pdf] Text
Dampak Bermain Gamelan pada Peningkatan Konsentrasi Belajar Siswa Usia.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak aktivitas bermain gamelan terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa usia sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Seni Purwasaba Malang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Subjek
penelitian terdiri dari delapan siswa berusia 7–12 tahun yang aktif mengikuti kegiatan gamelan secara rutin. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bermain gamelan berdampak positif terhadap aspek kognitif siswa, terutama dalam peningkatan durasi fokus, ketahanan belajar, serta penurunan perilaku distraktif. Aktivitas musikal yang bersifat terstruktur dan kolaboratif dalam gamelan terbukti melatih regulasi atensi dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Temuan
ini mengindikasikan bahwa musik tradisional dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif dalam mendukung perkembangan konsentrasi anak usia sekolah dasar

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi belajar, Musik Gamelan, Kognitif Siswa, Aktivitas Musikal, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 13 Sep 2025 02:06
Last Modified: 13 Sep 2025 02:06
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item
View Item