laila, Ulfatul and Wardhani, Dyah Ayu Pramoda PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BERHITUNG SISWA KELAS I SD NEGERI 2 REJOYOSO. ELEMENTA: JURNAL PGSD STKIP PGRI BANJARMASIN. ISSN 10.33654/pgsd
2019_Penerapan Pembelajaran RME.pdf - Published Version
Download (331kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Pemahaman Berhitung dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Educationpada siswa kelas I SD Negeri 2 Rejoyoso Tahun Ajaran 2018/2019. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas,melalui beberapa tahapan yaitu: 1) tahap perencanaan 2) tahap pelaksanaan 3) observasi dan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu menggunakan observasi, wawancara, tes, dan catatan lapangan.Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif.Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari 4 pertemuan, hasil belajar yang diperoleh pada siklus I pertemuan pertama nilai rara-rata 74,75% dari seluruh siswa, pertemuan kedua siklus I nilai rara-rata 79,68% dari seluruh siswadan hasil belajar siswa pada siklus II pertemuan pertama mendapat nilai rata-rata 82,11% dari seluruh siswa, pertemuan kedua mendapat nilai rara-rata 90,58% dari seluruh siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model Realistic Mathematics Educationdalam pembelajaran Matematika dapatmeningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Rejoyoso.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 May 2023 03:15 |
Last Modified: | 22 May 2023 03:15 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/190 |