MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)

Nurizza, Ivanatul and Oktiningrum, Wuli (2020) MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION). Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3 (1). pp. 66-74. ISSN 2656-4181

[thumbnail of 2. 2020-OKTOBER-MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STAD - Prismatika.pdf] Text
2. 2020-OKTOBER-MENGUKUR HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STAD - Prismatika.pdf - Published Version

Download (923kB)

Abstract

Pelaksanaan proses belajar mengajar pada umumnya masih
menggunakan model pembelajaran konvensional sehingga berakibat
pada rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini
bertujuan untuk mengukur hasil belajar siswa melalui model
pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dan
pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan
penelitian kuantitatif quasi eksperiment dengan melihat perbedaan
hasil nilai matematika pada pre-test dan post-test antara kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Berdasarkan analisis data didapatkan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas IV yang menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dan pembelajaran konvensional. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai rata-rata kelas kontrol yang mengalami kenaikan sebesar 9,88% dari 54,36 menjadi 64,24 sedangkan nilai rata-rata kelas pada kelas eksperimen mencapai 24,92% dari 55,80 menjadi 80,72.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 May 2023 07:23
Last Modified: 23 May 2023 07:23
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/252

Actions (login required)

View Item
View Item