Irfi’ani, Dike Rinanda and Oktiningrum, Wuli Peer Review"MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA KUBUS BERANAK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA". IKIP Budi Utomo.
PR meningkatkan motivasi.pdf - Supplemental Material
Download (963kB)
Abstract
Media pembelajaran pada materi volume bangun ruang kubus
kurang termanfaatkan dalam pembelajaran matematika kelas 5
Sekolah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
motivasi belajar siswa pada materi volume bangun ruang kubus
melalui media pembelajaran kubus beranak dalam pembelajaran
matematika kelas 5 Sekolah Dasar. Prosedur penelitian ini
menggunakan desain pengembangan model ADDIE yang terdiri dari
Analisys, Design, Development, Implementation, Evaluation.
Peningkatan motivasi belajar siswa dilihat dari perbandingan hasil
motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media
kubus beranak berdasarkan angket. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tingkat kevalidan media ini diperoleh
berdasarkan penilaian ahli materi 81,6% dengan kriteria kevalidan
sangat valid, ahli media 72,5% dengan kriteria kevalidan valid, ahli
rencana pelaksanaan pembelajaran 89,3% dengan kriteria kevalidan
sangat valid, ahli lembar kerja siswa 91,6% dengan kriteria
kevalidan sangat valid. Respon siswa terhadap media kubus beranak
diperoleh nilai rata-rata 81,1% dengan kategori penilaian baik
sekali, respon guru terhadap media kubus beranak diperoleh nilai
100% dengan kategori penilaian baik sekali. Berdasarkan data
motivasi belajar siswa sebelum menggunakan media kubus beranak
rata-rata 53,61 dengan kategori cukup menjadi 81,04 dengan
kategori sangat tinggi meningkat setelah menggunakan media kubus
beranak.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 May 2023 08:18 |
Last Modified: | 26 May 2023 07:36 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/256 |