Peer Review "Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Budaya Lokal Blitar untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan Matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar"

Khoriyah, Miftahul and Oktiningrum, Wuli Peer Review "Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis Budaya Lokal Blitar untuk Mengukur Dimensi Pengetahuan Matematika Siswa kelas V Sekolah Dasar". STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

[thumbnail of PR pengembangan soal Hots.pdf] Text
PR pengembangan soal Hots.pdf - Supplemental Material

Download (972kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan seperangkat soal matematika Hots dengan konteks budaya
lokal Blitar yang valid dan reliabel untuk mengukur dimensi pengetahuan matematika siswa kelas V SD,
(2) mengetahui efek potensial yang muncul ketika siswa mengerjakan soal matematika Hots dengan
konteks budaya lokal Blitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengembangan
(development research) yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi, dan revisi. Dalam pengembangan soal
ini melalui empat tahapan yaitu tahapan preliminary, tahapan self-evaluation, tahapan prototyping,
dantahapan field tes. Sebanyak 29 siswa SD Negeri Ngrendeng 02 yang berumur 11 tahun dan 3 pakar
terlibat dalam tahap prototyping. Teknik pengumpulan data yng digunakan adalah dokumentasi, angket,
hasil tes, dan wawancara. Penelitian ini menghasilkan seperangkat soal Hots matematika sebanyak 5
butir dalam kategori konten, konteks, dan proses yang valid dan praktis untuk mengukur dimensi
pengetahuan matematika siswa. Hasil analisis mengungkapkan bahwa: (1) 6,89% siswa mempunyai
kemampun berfikir tingkat tinggi sangat baik; (2) 51,72% siswa mempunyai kemampuan berfikir tingkat
tinggi yang baik; (3) 37,93% siswa memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yang cukup; (4) 0,34%
siswa memiliki kemampuan berfikir tingkat tinggi yang kurang.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 25 May 2023 02:42
Last Modified: 26 May 2023 07:53
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item
View Item