PEER REVIEW "MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA DENGAN KONTEKS COVID-19"

Wardhani, Dyah Ayu Pramoda and Oktiningrum, Wuli PEER REVIEW "MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA MELALUI PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA DENGAN KONTEKS COVID-19". Universitas Muhammadiyah Metro.

[thumbnail of PR meningkatkan berpikir kritis.pdf] Text
PR meningkatkan berpikir kritis.pdf - Supplemental Material

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan berpikir kritis penting bagi mahasiswa, karena berpikir kritis tidak hanya menggambarkan kemampuan berpikir menurut aturan logika, tetapi juga kemampuan untuk menerapkan keterampilan tersebut pada masalah kehidupan nyata. Namun kemampuan berpikir kritis mahasiswa Program Studi PGSD UNIRA Malang tergolong rendah. Berdasarkan hasil ujian Mata Kuliah Matematika SD 2 kurang dari 50% mahasiswa dapat menjawab soal pemecahan masalah dengan tepat Hal ini dikarenakan mahasiswa belum terbiasa menyelesaikan soal-soal berpikir tingkat tinggi. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan soal matematika berbasis AKM dengan konteks Covid-19, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa PGSD UNIRA Malang. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Subjek penelitian adalah mahasiswa PGSD UNIRA Malang. Tahap analisis dimulai dari isi, konteks, dan proses kognitif. Pada tahap desain, subjek merancang pertanyaan esai berdasarkan konten, konteks, dan AKM berbasis proses kognitif. Peneliti menggunakan covid-19 sebagai konteks. Validitas berasal dari evaluasi empiris validasi dan uji reliabilitas kelompok kecil. Tahap implementasi menunjukkan bahwa pertanyaan memiliki dampak potensial pada berpikir kritis mahasiswa. Tahap evaluasi menjelaskan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan jika soal matematika yang dikembangkan valid dan praktis serta dapat memberikan efek potensial berupa dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 17 Jun 2023 05:35
Last Modified: 17 Jun 2023 05:45
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item
View Item