REGULASI DIRI BELAJAR ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19

Kholisna, Titin and Fatimah, Siti (2022) REGULASI DIRI BELAJAR ONLINE DIMASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Nusantara Of Research, 9 (2): 2. pp. 108-115. ISSN 2355-7249

[thumbnail of 7. artikel NoR.pdf] Text
7. artikel NoR.pdf - Published Version

Download (310kB)

Abstract

Self-regulation online learning (SRoL) merupakan proses proaktif secara internal dari
mahasiswa untuk dapat mencapai perkuliahan yang dilakukan secara online dimasa
pandemi covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan kondisi perkuliahan
mahasiswa dimasa pandemi yang mengubah regulasi belajarnya, dan bagaimana
capaian-capaiannya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan mengambil teknik random sampling pada mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan
online. Deskripsi hasil penelitian ini menerangkan capaian tertinggi dari respons self
regulation online learning (SRoL) meliputi enam indikator yaitu pertama goal setting
menunjukkan 57,1% mahasiswa dapat membuat strategi belajar dengan baik. Indikator
kedua environment structuring yaitu bagaiamana mereka mengatur lingkungan secara
kondusif direspons 35,7%. Indikator ketiga task management direspons 7,1%, indikator
keempat time management menerangkan sebanyak 32,9% mahasiswa dapat mengelola
waktunya. Kelima help seeking yaitu meminta bantuan teman 80,1% dalam mengerjakan
tugas atau memerlukan pemahaman. Keenam self evaluation direspons 44,3% yaitu
mahasiswa mengevaluasi hasil belajar dengan capaian pembelajarannya. Dari data ini
menunjukkan pencapaian perkuliahan yang dilakukan dengan sistem online tidak
menjamin adanya usaha yang maksimal meskipun dapat mengakses tugas-tugas
perkuliahan lebih mudah dengan jaringan internet

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 06 Jan 2024 04:30
Last Modified: 06 Jan 2024 04:30
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

View Item
View Item