Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK

Sandra, Okta Novrika and Zuhroh, Luthfiatus (2021) Empati Dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK. Psikodinamika : Jurnal Literasi Psikologi, 1 (1): 5. pp. 57-66. ISSN 2775-2860

[thumbnail of Bu Lutfi 4.pdf] Text
Bu Lutfi 4.pdf - Published Version

Download (562kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan empati dan penerimaan diri
siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif di sekolah dasar. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan menggunkan teknik analisis data korelasi product
moment. Sampel penelitian ini berjumlah 53 siswa reguler, dimana subjek merupakan siswa
reguler yang kebetulan ditemui dan cocok sebagai sumber data. Terdapat dua alat ukur yang
digunakan adalah (1) skala empati dan (2) skala penerimaan sosial. Dari hasil penelitian dan
pembahasan disimpulkan bahwa hipotesis peneiltian ini diterima. Hal ini menandakan
empati berkorelasi positif dengan penerimaan sosial. Sehingga semakin tinggi tingkat empati
maka semakin tinggi pula tingkat penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di
kelas inklusif di sekolah dasar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 12 Jan 2024 07:56
Last Modified: 12 Jan 2024 07:56
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item
View Item