Fadilah, Maulida Nur and Zuhroh, Luthfiatus (2023) Finger Painting untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus (Keterampilan Menulis) di Kelas Inklusi. Psikodinamika : Jurnal Literasi Psikologi, 3 (2): 1. 001-018. ISSN 2775-2860
Bu Lutfi 5.pdf - Published Version
Download (345kB)
Abstract
Motorik halus merupakan koordinasi halus pada otot-otot kecil yang memainkan suatu
peran utama Salah satu keterampilan motorik halus adalah keterampilan menulis
keterampilan menulis adalah keterampilan membuat huruf, angka, nama, tanda bahasa
apapun dengan alat tulis pada halaman tertentu. Kemampuan menulis siswa berkebutuhan
khusus masih dalam kualifikasi rendah. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut
adalah dengan menggunakan kegiatan finger painting. Kegiatan finger painting merupakan
teknik melukis dengan jari tangan secara langsung tanpa menggunakan bantuan alat.
Kegiatan finger painting dapat dilaksanakan dan menjadikan pembelajaran yang aktif,
inovatif dan kreatif di kelas inklusi. Tujuan penelitian ini guna mengetahui apakah finger
painting dapat mempengaruhi perkembangan motorik halus terutama keterampilan
menulis pada siswa berkebutuhan khusus. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis
penelitian kuantitatif dengan metode pre-eksperimen yang menggunakan desain one group
pre test-post test design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
observasi dan penilaian keterampilan menulis (pretest-posttest). Kemudian hasil pretest – posttest dihitung menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan pada rata�rata (mean) hasil pretest dan posttest meningkat sebesar 36,6. Hasil uji statistic Wilcoxon
signed ranks test 0,027<0,05 artinya ada pengaruh pemberian kegiatan finger painting
untuk meningkatkan perkembangan motorik halus (keterampilan menulis) di kelas inklusi
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 12 Jan 2024 08:08 |
Last Modified: | 12 Jan 2024 08:08 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/440 |