UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA SD NEGERI 1 DILEM KEPANJEN

Oktiningrum, Wuli and Zuhroh, Luthfiatus (2023) UPAYA MENGEMBANGKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL BAGI SISWA SD NEGERI 1 DILEM KEPANJEN. EDUABDIMAS : Jurnal Edukasi Pengabdian Masyarakat, 2 (1): 5. pp. 29-36. ISSN 2964-139X

[thumbnail of Bu Lutfi 7.pdf] Text
Bu Lutfi 7.pdf - Published Version

Download (383kB)

Abstract

Profil pelajar Pancasila menjadi suatu bagian yang penting dalam perkembangan pendidikan nasional di Indonesia
karena berperan mengarahkan kebijakan – kebijakan pendidikan untuk membangun karakter serta kompetensi
peserta didik. Profil pelajar Pancasila terdiri dari enam dimensi, yaitu: (1) beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME,
dan berakhlak mulia, (2) mandiri, (3) bergotong-royong, (4) berkebinekaan global, (5) bernalar kritis, dan (6) kreatif.
Keenam dimensi tersebut haruslah dilihat secara utuh sebagai suatu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi
pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai – nilai Pancasila. Maka dari itu
pendekatan yang efektif dilakukan untuk mengembangkan profil pelajar Pancasila kepada siswa yaitu dengan
permainan tradisional. Permainan tradisional adalah symbol pengetahuan yang dilakukan secara turun temurun
dengan berbagai fungsi dan pesan yang tersirat di dalamnya. Oleh sebab itu, maka dilakukan pemberdayaan
permainan tradisional untuk meningkatkan profil pelajar Pancasila kepada siswa di SD Negeri 1 Dilem Kepanjen.
Tujuannya agar siswa dapat meningkatkan kemampuan kreatif, bernalar kritis dan mandiri, serta membudayakan
sikap gotong royong, berakhlak mulia, dan berkebhinekaan global dalam suatu permainan tradisional.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 12 Jan 2024 08:21
Last Modified: 12 Jan 2024 08:21
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/442

Actions (login required)

View Item
View Item