Rofiq, As’ad Ainur and Muslihasari, Adzimatnur (2020) Cek Plagiasi "PENERAPAN PEMBELAJARANMODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGSARI PADA TEMA 1 SUB TEMA 3". STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, Kalimantan Barat.
PENERAPAN PEMBELAJARANMODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KARANGSARI PADA TEMA 1 SUB TEMA 3.pdf - Supplemental Material
Download (1MB)
Abstract
Keaktifan siswa dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk
memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti
pada saat pembelajaran tematik di kelas V SD Negeri 2 Karangsari pada hari Sabtu, 04 Januari 2020
diperoleh hasil keaktifan dan hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari indikator
keaktifan: 1) siswa yang termasuk dalam kategori aktif sebanyak 5 siswa (30%), 2) siswa yang
termasuk dalam kategori cukup aktif 3 siswa (20%), 3) siswa yang termasuk kategori kurang aktif
sebanyak 8 siswa (50%). Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana penerapan model
Jigsaw meningkatkan keaktifan siswa. Keaktifan yang diamati adalah keaktifan mental meliputi
menanggapi, mengingat dan memecahkan masalah. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD
Negeri 2 Karangsari sejumlah 16 siswa. Keaktifan siswa dikatakan meningkat ≥75% siswa
mencapai kategori aktif dan sangat aktif, diharapkan hasil keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa
sebesar minimal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Rata-rata keaktifan siswa siklus I 65%
dan siklus II rata-rata 91%. Hasil observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa siklus I 79%
dan siklus II 93%, berdasarkan data maka penerapan pembelajaran model Jigsaw dapat
meningkatkan keaktifan belajar pada tema 1 sub tema 3
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 02:51 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 02:51 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/455 |