Yanti, Yulia Eka and Muslihasari, Adzimatnur and Cholifah, Tety Nur (2021) Cek Plagiasi "Analisis Bimbingan Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19". Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Malang.
Analisis Bimbingan Orangtua dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19.pdf - Supplemental Material
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran orang tua dan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran daring selama pandemi covid-19 di SD Negeri 2 Palaan.
Hal ini menyebabkan pembelajaran yang semula dilaksanakan dengan tatap muka
menjadi pembelajaran dari rumah. Dengan sistem Belajar dari Rumah menuntut orang
tua untuk berperan penuh dalam pembelajaran. Untuk menjaga dan meningkatkan
motivasi belajar siswa selama belajar dari rumah sangat membutuhkan peran orang tua.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui profil bimbingan orang tua dan motivasi
belajar siswa pada pembelajaran daring selama pandemi. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data
dilakukan dengan wawancara dan angket. Subyek penelitian ini adalah orang tua siswa
kelas II dan III di SD Negeri 2 Palaan yang terletak di Desa Palaan Kecamatan Ngajum.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa peran orang tua dalam
meningkatkan motivasi belajar siswa selama sistem BDR di SD Negeri 2 Palaan tergolong
tinggi. Lebih dari 60% orang tua sering memotivasi dan mendampingi anaknya belajar
selama sistem BDR. Sedangkan sebagian kecil orang tua belum bisa maksimal dalam
mendampingi anaknya belajar dikarenakan kesibukannya dalam bekerja. Akan tetapi
mereka tidak melepas tanggung jawabnya begitu saja, mereka mendukung anaknya
belajar dengan mencarikan guru les.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 02:51 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 02:51 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/457 |