Cek Plagiasi "Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dolanan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19"

Cholifah, Tety Nur and Muslihasari, Adzimatnur (2022) Cek Plagiasi "Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dolanan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19". Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, Malang.

[thumbnail of Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dolanan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19.pdf] Text
Pengembangan Digital Flipbook berbasis Dolanan Lokal untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD di Desa Palaan pada Era Covid-19.pdf - Supplemental Material

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan digital flipbook berbasis dolanan lokal untuk
meningkatkan literasi membaca siswa SD di Desa Palaan pada era covid-19 yang valid dan
untuk mengetahui peningkatan literasi membaca. Metode yang digunakan yaitu metode
penelitian (R&D) dengan langkah-langkah pengembangan menurut sugiyono, meneliti
potensi dan masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi
desain, uji coba awal, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Analisis data
menggunakan deskriptif presentase dan uji N-gain. Hasil penelitian berdasarkan nilai rata�rata uji validitas terhadap digital flipbook berbasis dolanan lokal dalam bidang media 94%,
bidang materi 93%, bidang instrumen literasi membaca 93%, dan bidang respon siswa 95%,
dengan kriteria untuk semua bidang “sangat layak” digunakan. Terdapat peningkatan
literasi membaca siswa SD dan rata-rata skor pretest 66,63 menjadi rata-rata skor posttest
86,63 dengan nilai N-gain 0,71 yang termasuk skor kategori tinggi

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 13 Jan 2024 02:58
Last Modified: 13 Jan 2024 02:58
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/459

Actions (login required)

View Item
View Item