DEBAT DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI MAHASISWA PGSD

Muslihasari, Adzimatnur and Oktiningrum, Wuli (2023) DEBAT DENGAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN ARGUMENTASI MAHASISWA PGSD. AL-TARBIYAH: JURNAL PENDIDIKAN (The Educational Journal), 33 (1): 8. pp. 85-94. ISSN 2721-3595

[thumbnail of Bu Adzi 5.pdf] Text
Bu Adzi 5.pdf - Published Version

Download (329kB)

Abstract

Argumentasi merupakan aktivitas verbal, sosial dan rasional
yang bertujuan untuk meyakinkan kritik yang masuk akal tentang suatu
pandangan yang dapat diterima. Keterampilan argumentasi penting dimiliki
mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan debat
dengan mind mapping pada mata kuliah perspektif global dapat meningkatkan
keterampilan argumentasi mahasiswa PGSD. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek mahasiswa Prodi PGSD kelas 21A2
yang berjumlah 25 mahasiswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan
teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, serta catatan
lapangan. Data penelitian diolah dan dianalisis secara kualitatif. Hasil
penelitian menunjukkan jika debat dapat meningkatkan ketrampilan
argumentasi mahasiswa dengan kategori 68% baik, 22% cukup, serta 10%
kurang. Hal tersebut berdampak pada meningkatnya keberanian mahasiswa
dalam menyampaikan gagasannya, menanggapi gagasan yang lain, serta
mempertahankan gagasannya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 13 Jan 2024 03:23
Last Modified: 13 Jan 2024 03:23
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/462

Actions (login required)

View Item
View Item