Ifa, Khoirotul and Muslihasari, Adzimatnur (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS NILAI KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS IV TEMA 7 SUBTEMA 3. Primary Education Journal, 1 (1): 6. pp. 43-54. ISSN 2776-4976
Bu Adzi 7.pdf - Published Version
Download (863kB)
Abstract
Permasalahan penelitian ini beranjak dari data penelitian yang menunjukkan materi
pembelajaran tematik masih sangat terbatas dan hanya berfolus pada nilai kebiasaan tidak mengacu
pada penilaian karakter siswa. Bahan ajar berupa modul belum pernah digunakan dalam proses
pembelajaran karena masih menggunakan buku paket tematik siswa serta materi pembelajaran dan
konten bacaan dalam buku paket terkesan monoton. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
menghasilkan modul berbasis nilai karakter yang harus ada pada siswa SD agar hasil belajar siswa
meningkat. Dalam penelitian ini, mengembangkan bahan ajar berupa modul tematik berbasis nilai�nilai karakter yang layak dan valid untuk digunakan sebagai bahan ajar dan dapat meningkatkan
hasil belajar pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE yang terdiri dari lima tahap: (1)analysis;
(2) design; (3) development; (4) implementation; (5) Evaluation. Subjek dalam penelitian ini adalah
kelompok terbatas dari siswa kelas IV SDN Pronojiwo 04 yang berjumlah 10 siswa. Teknik
Pengumpulan data dilakukan dengan angket atau kuesioner dan pengukuran hasil belajar siswa.
Hasil dari penelitian Modul Tematik Berbasis Nilai-Nilai Karakter menunjukkan layak digunakan
sebagai bahan ajar. Hal ini didasarkan pada skor penilaian yang diperoleh melalui skor penilaian
dari ahli materi memperoleh persentase 81% dengan kriteria sangat layak, skor penilaian dari wali
kelas IV memperoleh persentase 83% dengan kriteria sangat layak dan hasil dari respon siswa
terhadap bahan ajar modul berbasis nilai- nilai karakter 91% dengan kriteria sangat layak. Hal ini
dapat dikatakan bahwa media sangat layak dan valid digunakan dalam meningkatkan hasil belajar
siswa, ditunjukkan dengan persentase peningkatan hasil belajar mencapai 80%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 03:52 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 03:52 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/466 |