Syafitri, Andriati Azizah and Sanjayawati, Hilda PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PELATIHAN JILBAB LUKIS DAN DIGITAL MARKETING DI PESANTREN AL HAYATUL ISLAMIYAH MALANG. Jurnal Aksi Afirmasi, 3 (1).
A.7 Tahun 2022 - PkM PEMBERDAYAAN SANTRI MELALUI PELATIHAN JILBAB LUKIS DAN DIGITAL MARKETING DI PESANTREN AL HAYATUL ISLAMIYAH MALANG.pdf
Download (447kB)
Abstract
Berdasarkan hasil wawancara dengan penanggung jawab pesantren Al Hayatul Islamiyah
Kota Malang, permasalahan yang dihadapi antara lain adalah: (1) pesantren merasa penting
untuk memberikan bekal kemandirian bagi santri agar dapat meningkatkan daya saing di
masyarakat; (2) pesantren merasa penting untuk meningkatkan keterampilan santri.
Menurut Siswanto (2020) kegiatan peningkatan keterampilan terhadap peserta didik pada
dunia pendidikan juga dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan pesertanya. Selain itu
menurut Singawinata (2020), program pelatihan yang diberikan langsung kepada masyarakat
juga berguna untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan peserta pelatihan dalam
meningkatkan pengetahuan kewirausahaan dan berpikir kreatif dalam berinovasi. Terdorong
oleh kenyataan tersebut, maka diperlukan program kemitraan masyarakat dalam
pemberdayaan generasi muda khususnya santri di pesantren yang menjadi fokus kajian ini.
Oleh karena itu, tim dosen dari Universitas Islam Raden Rahmad Malang berkerjasana dengan
tenaga dosen dari Universitas Negeri Malang ingin melakukan program kemitraan
masyarakat dalam pemberdayaan santri dengan memberikan pelatihan jilbab lukis dan
digital marketing untuk santri di pesantren Al Hayatul Islamiyah Kota Malang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengabdian kepada Masyarakat; santri; digital marketing; jilbab lukis; pesantren |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Andriati Aziizah Syafitri |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:45 |
Last Modified: | 14 May 2024 02:45 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/505 |