Rinawati, Ika and Anas, M. Yusuf Azwar and Manan, Yuliyanti M Implementasi Etika Bisnis Islam Dalam Perspektif Manajemen Pemasaran. Jurnal Ekonomi Syariah dan Hukum Ekonomi Syariah, 7 (2). ISSN 2621-0274
Jurnal Implementasi Etika Bisnis Islam.pdf
Download (456kB)
Abstract
Artikel ini merupakan jenis kajian referensi dengan menggunakan
metode penelitian kualitatif naratif studi literatur yang
mengidentifikasi, menginterpretasi, dan mengevaluasi semua sumber
literatur terkait topik tertentu. Tujuan penelitian ini adalah
menemukan dan memahami tentang konsep pemasaran yang
beretika Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Lima konsep
manajemen pemasaran yang beretika Islam diantaranya adalah
Keesaan dalam manajemen pemasaran (tidak mencela produk lain,
jujur dengan kualitas produk sendiri, memegang teguh nilai ilahi dan
memiliki niat mencari untung dan menolong orang lain),
Keseimbangan dalam manajemen pemasaran (seimbang dalam
timbangan, seimbang dalam menjaga kualitas, seimbang dalam
penetapan harga), Kehendak bebas dalam manajemen pemasaran
(bebas dalam melakukan inovasi produk yang sesuai dengan islam),
Tanggung jawab dalam manajemen pemasaran (bertanggung jawab
dalam hal distribusi atau mengirimkan produk ke tangan konsumen serta bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar), Kebajikan
dalam manajemen pemasaran (berbuat baik dan ikhsan kepada
konsumen serta memiliki kode etik dan norma etika).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Bisnis Islam; Implementasi; Manajemen Pemasaran. |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Yulianti Manan |
Date Deposited: | 14 May 2024 03:49 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:49 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/512 |