Rinawati, Ika and Chotib, Romadhon and Maya Sari, Ulil (2022) STRATEGI PROMOSI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM GUNA MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG DI WISATA EDUKASI “KAMPUNG NANAS” DESA PALAAN KABUPATEN MALANG. Jurnal Al Tsaman , Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 4 (1). ISSN 2721-5423
3-2. Artikel. Strategi Promosi.. .pdf
Download (645kB)
Abstract
Desa wisata “Kampung Nanas” yang masih dalam tahap perkembangan membutuhkan
strategi promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjungnya. Strategi promosi dalam
perspektif ekonomi Islam merupakan strategi yang tepat karena gaya promosi nya berbeda
dengan lainnya. Penelitian ini ingin memberikan buah pemikiran untuk desa wisata
“Kampung Nanas” yang baru saja berdiri dan mencoba berkembang dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian
kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi promosi dalam ekonomi Islam terdiri dari 1. Advertising atau periklanan yang
dibagi menjadi prinsip Tauhid, prinsip Keadilan dan prinsip amanah, 2. Sales Promotion
adalah dengan cara memberikan gratis tiket masuk. 3. Personal Selling adalah dengan cara
mensosialisasikan kepada komunitas warga Palaan. Desa Wisata Kampung Nanas sudah
melaksanakan Promosi sesuai dengan ajaran Islam tetapi perlu dimaksimalkan lagi karena
promosi yang dilakukan masih sangat terbatas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Promosi, Promosi menurut Ekonomi Islam, Desa Wisata |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Ika Rinawati |
Date Deposited: | 14 May 2024 04:45 |
Last Modified: | 14 May 2024 04:45 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/519 |