PENGARUH STRES KERJA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA SMK NU MIFTAHUL HUDA KEPANJEN MALANG)

Zukriani, Zukriani (2024) PENGARUH STRES KERJA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP KINERJA GURU PADA MASA PANDEMI COVID-19 (STUDI KASUS PADA SMK NU MIFTAHUL HUDA KEPANJEN MALANG). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of 1861201031 - Zukriani-Bab 1-2.pdf] Text
1861201031 - Zukriani-Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 1861201031 - Zukriani-Bab 3-5.pdf] Text
1861201031 - Zukriani-Bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Pada Desember 2019 yang lalu, terdapat virus yang membuat penduduk
dunia resah dimana virus tersebut dinamakan virus corona (covid-19). Virus ini
diketahui pertama kali di Wuhan, Tiongkok. Virus ini menyerang secara luas ke
beberapa negara, tidak terkecuali Negara Indonesia. Karena virus covid-19 ini
menyebar melalui droplet dan kontak fisik, maka salah satu protokol kebijakan
yang diambil oleh berbagai negara untuk menekan penyebarannya adalah melalui
social distancing, yang tentu berakibat terhadap berkurangnya interaksi sosial di
tengah masyarakat. Saat ini yang menjadi sorotan dari dampak pandemi bukan
hanya sektor ekonomi, namun juga sektor pendidikan. Memiliki guru dengan
kinerja yang baik dapat memudahkan sekolah dalam memperoleh tujuannya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh stres kerja
dan kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMK NU Miftahul Huda
Kepanjen Malang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 51 responden dengan
sampel seluruh populasi dijadikan sampel yaitu 51 responden. Metode
pengambilan data yang dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan
penyebaran kuisioner terhadap guru SMK NU Miftahul Huda Kepanjen Malang.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif.
Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa stres kerja tidak
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja guru dan kecerdaasan
emosional berpengaruh signifikan, sedangkan secara simultan stres kerja dan
kecerdasan emosional berpengaruh untuk meningkatkan kinerja guru.
Stres kerja dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh yang signifikan
terhadap kinerja guru SMK NU Miftahul Huda Kepanjen Malang, oleh karena itu,
Kepala Sekolah SMK NU Miftahul Huda Kepanjen Malang, sebaiknya terus
memantau guru-guru agar terhindar bahkan tidak sampai mengalami stres kerja
serta guru-guru terus meningkatkan kecerdasan emosionalnya masing-masing
dalam rangka untuk meningkatkan kinerja.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: stres kerja, kecerdasan emosional, kinerja guru dan pandemi COVID-19
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 28 May 2024 08:44
Last Modified: 28 May 2024 08:44
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/624

Actions (login required)

View Item
View Item