Afdhila, Alifia Nur (2024) FENOMENA PERUBAHAN PERILAKU PENGGUNA ANGKUTAN UMUM DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS MASYARAKAT KEC. KEPANJEN). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
1861201036 - Alifia Nur Afdhila -Bab 1-2.pdf
Download (825kB)
1861201036 - Alifia Nur Afdhila -Bab 3-5.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertitik bertolak dari kerangka berfikir bahwa adanya
perubahan perilaku konsumen pengguna angkutan umum di era digital
dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang menjadikan kurangnya minat
masyarakat dalam menggunakan angkutan umum karena penggunaan angkutan
umum saat ini dinilai kurang efektif dibandingkan dengan menggunakan
kendaraan pribadi maupun ojek online.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan
perubahan yang terjadi pada minat masyarakat Kec. Kepanjen terhadap
penggunaan angkutan umum di era digital, untuk mengetahui dan
mendeskripsikan dampak yang terjadi pada angkutan umum setelah hadirnya
perkembangan digital, serta untuk mengetahui dan mendeskripsikan cara
penanganan mengenai sepinya pengguna angkutan umum di era digital pada
masyarakat Kec. Kepanjen.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sehingga data yang
dikumpulkan dengan cara melakukan observasi lapangan dan wawancara
kepada para informan sebagai konsumen, sopir angkutan umum dan juga pemilik
angkutan umum serta dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui presepsi
responden dari setiap variabel.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat Kecamatan
Kepanjen sangat sudah jarang yang menggunakan angkutan umum karena
adanya perkembangan digitalisasi yang menjadikan banyaknya masyarakat yang
lebih memilih menggunakan ojek online maupun kendaraan pribadi karena lebih
mudah dalam melakukan mobilitas sehari-hari serta lebih menyingkat waktu,
adapun yang masih menggunakan umumnya anak sekolah karena harganya
yang lebih murah. Sehingga angkutan umum mengalami penurunan penumpang,
pendapatan dan juga terancam pengangguran dan upaya yang dilakukan para
pemilik angkutan umum yaitu dengan memperbaiki fisik mobil dan menyervis
mobil setiap minggunya. Tetapi hal tersebut tidak menjadikan angkutan kembali
ramai penumpang seperti masanya, karena penggunaan ojek online jauh lebih
efektif dibandingkan penggunaan angkutan umum.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perubahan Perilaku, Dampak, Penanganan. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:09 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:09 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/652 |