ANALISIS INTERAKSI EDUKATIF DAN INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU Di MTs. NURUL ULUM MALANG

ROHMAH, ROSYIDATUR (2025) ANALISIS INTERAKSI EDUKATIF DAN INTERAKSI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS TERPADU Di MTs. NURUL ULUM MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207017-ROSYIDATUR ROHMAH MP-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207017-ROSYIDATUR ROHMAH MP-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207017-ROSYIDATUR ROHMAH MP-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207017-ROSYIDATUR ROHMAH MP-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-IPS-1784207017-ROSYIDATUR ROHMAH MP-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-IPS-1784207017-ROSYIDATUR ROHMAH MP-BAB 5.pdf

Download (359kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya interaksi edukatif dan
interaksi sosial didunia pendidikan. Terutama pada saat proses pembelajaran. Jika
suatu pembelajaran didalamnya terdapat interaksi edukatif dan interaksi sosial
dengan baik maka pembelajaran tersebut akan berjalan lancar sesuai dengan
tujuan pembelajaran. Pendidik dan peserta didik akan mendapatkan timbal balik
dimana murid mendapatkan ilmu dan guru dapat menyampaikan ilmu dengan
maksimal. Yang menjadi fokus ketertarikan penelitian kali ini adalah 1) hanya
ada beberapa siswa yang terlambat masuk kelas 2) siswa disekolah tersebut tidak
segan bertanya kepada gurunya jika da yang belum difahami 3) siswa bisa terbuka
kepada gurunya tanpa menghilangkan rasa hormat kepada gurunya 4) siswa di
sekolah ini merupakan siswa pondok pesantren yang mana sudah tertanam nilai
nilai keislaman didalam dirinya. Demikan peneliti tertarik mengambil penelitian
dengan judul “ Analisi Interaksi Edukatif dan Interaksi Sosial Pada Pembelajaran
IPS di MTs. Nurul Ulum”.
Tujuan penelitian kali ini, untuk mengetahui proses dan dampak dari
interaksi edukatif dan interaksi sosial pada pembelajaran di MTs. Nurul ulum.
Jenis penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Pengumpulan data melalui hasil observasi, wawancara mendalam
dan dokumentasi.
Adapun hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa interaksi
edukatif dan interaksi sosial pada pembelajaran IPS di MTs. Nurul Ulum sudah
berjalan dengan baik. Komunikasi antara guru dan murid sudah berjalan dengan
baik. Murid lebih terbuka kepada gurunya. Sehingga proses pembelajaran berjalan
dengan baik dan maksimal.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Interaksi edukatif, interaksi sosial, pembelajaran IPS.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 10 Jan 2025 06:44
Last Modified: 10 Jan 2025 06:44
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/735

Actions (login required)

View Item
View Item