KHOIRIYAH, SITI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PAGABIL (PAPAN GARIS BILANGAN) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA NGASEM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
SKRIPSI-PGMI-20176426028-SITI KHOIRIYAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426028-SITI KHOIRIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
SKRIPSI-PGMI-20176426028-SITI KHOIRIYAH-BAB 5.pdf
Download (329kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep awal
kemampuan berhitung bilangan bulat yang membuat siswa bingung saat
menyelesaikan soal terkait penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat positif dan
bilangan bulat negatif. Siswa juga belum dilibatkan secara maksimal dalam
pembelajaran sehingga belajar yang didapat tidak maksimal.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: Bagaimana pengembangan
media PAGABIL, bagaimana kepraktisan media PAGABIL, dan bagaimana
efektifitas media PAGABIL (Papan Garis Bilangan) bisa meningkatkan
kemampuan berhitung bilangan bulat siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngasem?.
Sedangkan tujuannya untuk mengembangkan media PAGABIL, untuk menguji
kepraktisan media PAGABIL, dan untuk menguji efektifitas media PAGABIL
(Papan Garis Bilangan) bisa meningkatkan kemampuan berhitung bilangan bulat
siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngasem.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian Research
and Development (R&D), dimana penelitian ini menghasilkan sebuah produk
tertentu dan menguji kelayakan serta keefektifan produk yang dikembangkan.
Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Miftahul Huda Ngasem. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan angket.
Hasil penelitian ini telah menghasilkan produk media pembelajaran berupa
media pembelajaran PAGABIL (Papan Garis Bilangan) berbasis media benda
konkret pada materi bilangan bulat. Dari hasil media pembelajaran yang telah
dikembangkan telah diuji kelayakan produk oleh ahli materi dan media.
Berdasarkan hasil validasi materi menunjukkan media PAGABIL memiliki tingkat
kelayakan 100% yang termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil validasi
media menunjukkan media PAGABIL memiliki tingkat kelayakan 95% yang
termasuk dalam kualifikasi “sangat layak”. Hasil kepraktisan dilakukan kepada 3
siswa dengan memperoleh presentase siswa 98,33% Sehingga media PAGABIL
dinyatakan sangat dibutuhkan dan sangat berkontribusi sebagai penunjang
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media PAGABIL, Kemampuan berhitung, Bilangan bulat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 02:31 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 02:31 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/754 |