MUSTOPA, ALI (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI WEB 2 APK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR TEMA 7 SUB TEMA 2. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206006-ALI MUSTOPA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206006-ALI MUSTOPA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206006-ALI MUSTOPA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206006-ALI MUSTOPA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206006-ALI MUSTOPA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206006-ALI MUSTOPA-BAB 5.pdf
Download (440kB)
Abstract
Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi web 2
apk bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang variatif serta mampu
menghasilkan produk yang valid dan layak digunakan pada proses pembelajaran
pada tema 7 sub tema 2 tentang perkembangan teknologi sandang. Manfaat media
pembelajran interaktif menggunakan apliaksi web 2 apk akan mempermudah
siswa untuk belajar secara mandiri dan dapat menjadi sumber belajar untuk
meningkatkan motivasi, minat belajar siswa terutama pada siswa kelas 3 sekolah
dasar sehingga hasil belajar kognitifnya meningkat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (Research and
Development) dengan pengembangan ADDIE menurut Pribadi dengan 5 tahapan
(1) Analisis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evalution. Teknik
pengumpulan data yang dilakukan adalah teknik tes tulis, dokumentasi,
wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran
interaktif menggunakan aplikasi web 2 apk layak sebagai media pembelajaran
dengan melakukan revisi berdasarkan saran ahli materi dan ahli media. Persentase
kelayakan yang diberikan oleh ahli media yaitu 98% dan oleh ahli materi 98%
dengan kriteria valid dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan peningkatan hasil belajar sebesar
60% yakni pada rata-rata pretest hasil belajar sebesar 60 dan posttest 83, pada
kelompok besar mengalami peningkatan hasil belajar sebesar 73% yakni dengan
rata-rata hasil belajar pretest sebesar 54 dan posttest 84. Uji coba perorangan
dengan angket respon siswa tentang penggunaan media pembelajaran ineraktif
menggunakan web 2 apk sebesar 94% sedangkan pada kelompok besar sebesar
93,57% menunjukkan bahwa media interaktif kualifikasi valid/ layak.
Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan, media
interaktif menggunakan aplikasi web 2 apk pada tema 7 sub tema 2 tentang
perkembangan teknologi sandang efektif digunakan sebagai media pembelajaran
dalam meningkatkan hasil kognitif belajar siswa kelas 3 Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Interaktif, Hasil Belajar Kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 02:41 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 02:41 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/763 |