PENGEMBANGAN MEDIA BUSA SEDAP (BUKU SAKU SUMBER ENERGI DAN PERUBAHAN) TEMATIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Himmah, Nur Faizah Nafiatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA BUSA SEDAP (BUKU SAKU SUMBER ENERGI DAN PERUBAHAN) TEMATIK PADA TEMA 6 SUBTEMA 1 UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206044-NUR FAIZAH NAFIATUL HIMMAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206044-NUR FAIZAH NAFIATUL HIMMAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206044-NUR FAIZAH NAFIATUL HIMMAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206044-NUR FAIZAH NAFIATUL HIMMAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206044-NUR FAIZAH NAFIATUL HIMMAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206044-NUR FAIZAH NAFIATUL HIMMAH-BAB 5.pdf

Download (446kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas III
sekolah dasar dengan mengaplikasikan media yang diberi nama BUSA SEDAP
yang valid dan dapat digunakan juga dapat membantu siswa.
Penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode penelitian RnD (Research
and Development). Prosedur penelitian pengembangan yang dillakukan
mengadaptasi model pengembangan Borg&Gall yang terdiri dari 9 tahap: 1)
potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi produk,
5) revisi produk, 6) uji coba produk terbatas, 7) revisi produk II, 8) uji coba
produk utama, 9) revisi produk III. Subjek pada penelitian ini adalah 15 siswa
kelas III SD NU Hasanuddin Dilem 02. Teknik pengumpulan data, peneliti
menggunakan instrumen penelitian meliputi: wawancara, angket motivasi, angket
keterbacaan,serta dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk
menentukan kelayakan media buku saku serta keberhasilan peningkatan motivasi
belajar siswa adalah teknik deksriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil analisis data penilaian media busa sedap oleh validator menunujukkan
persentase 98,6%. Sedangkan hasil validasi ahli materi menghasilkan persentase
92,5%. Dari keseluruhan hasil validasi tersebut menunjukkan bahwa media busa
sedap layak dan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil angket
motivasi belajar yang diperoleh dari angket before diperoleh hasil 33,2%,
sedangkan angket motivasi belajar after diperoleh hasil 75% maka diperoleh
peningkatan sebanyak 41,8%. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, maka
dapat disimpulkan bahwa penggunaan media busa sedap dapat memotivasi belajar
siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media BUSA SEDAP, learning motivation.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:11
Last Modified: 11 Jan 2025 04:11
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/784

Actions (login required)

View Item
View Item