PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN KINEMASTER TEMA 7 SUBTEMA PEMBELAJARAN 3 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II DI SD

Mindrianingsih, Tantina (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN KINEMASTER TEMA 7 SUBTEMA PEMBELAJARAN 3 DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II DI SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206057-TANTINA MINDRIANINGSIH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206057-TANTINA MINDRIANINGSIH-BAB 1.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206057-TANTINA MINDRIANINGSIH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206057-TANTINA MINDRIANINGSIH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (854kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206057-TANTINA MINDRIANINGSIH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206057-TANTINA MINDRIANINGSIH-BAB 5.pdf

Download (275kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik
pada mata pelajaran tema 7 kelas II SD Negeri 3 Babadan. Tujuan dari penelitian
ini yaitu: 1) Untuk mengetahui kevalidan media video animasi bebasis Plotagon
dan Kinemaster dalam pembelajaran Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3, 2) Untuk
mengetahui kelayakan media video animasi berbasis Plotagon dan Kinemaster
dalam materi Tema 7 Subtema 2 Pembelajaran 3, 3) Untuk meningkatkan minat
belajar siswa kelas II di SD Negeri 3 Babadan.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif menggunakan
metode Research and Development (R&D) mengacu pada model ADDIE
(Analisis,
Desain,
Pengembangan,
Implementasi,
Evaluasi).
Dalam
mengumpulkan data peneliti menggunakan instrument penelitian yang diperlukan
meliputi: observasi, pengisian angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi berbasis
Plotagon dan Kinemaster valid dan layak sebagai media pembelajaran dengan
revisi berdasarkan saran para ahli materi dan media. Minat belajar peserta didik
sebelum menggunakan media video animasi sangat rendah total skor keseluruhan
1093,75 dengan rata-rata 54,68 ketuntasan klasikal mencapai 20%. Setelah
menggunakan media video animasi mengalami peningkatan yang cukup
signifikan, total skor keseluruhan meningkat mejadi 1882,25 rata-rata 94,11
ketuntasan klasikal 100%. Hal ini dapat dikatakan bahwa media video animasi
berbasis Plotagon dan Kinemaster valid dan layak digunakan dalam
meningkatkan minat belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Media Plotagon, Kinemaster, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:29
Last Modified: 11 Jan 2025 04:29
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/790

Actions (login required)

View Item
View Item