Purwanti, Yani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN CAPCUT TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 5.pdf
Download (395kB)
Abstract
Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran
pada tema 6 subtema 4 pembelajaran 1 menjadikan pembelajaran kurang efektif.
Selain itu dimasa pandemik Covid-19 ini menjadikan guru kesulitan menemukan
media pebelajaran yang sesuai untuk pembelajaran daring sehingga berpengaruh
pada hasil belajar siswa. Pengembangan media video animasi berbasis plotagon
dan capcut bertujuan untuk 1) mengembangkan produk video animasi yang layak
sebagai media pembelajaran pada tema 6 subtema 4 pembelajaran 1, 2)
meningkatkan hasil belajar kognitif materi tema 6 subtema 4 pembelajaran 1
dengan menggunakan media video animasi berbasis plotagon dan capcut.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach
and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.
Pengembangan media video animasi berbasis plotagon dan capcut melalui lima
tahap yaitu: a) Tahap Analysis, b) Tahap Evaliation, c) Tahap Development, d)
Tahap Implementasi, e) Tahap evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan
yaitu angket, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
angket dan kuisioner. Teknik analisis data pada kelayakan media dengan
deskriptif kuantitatif dan hasil kognitif menggunakan ujicoba pretest dan posttest.
Produk yang dikembangkan diuji cobakan pada peserta didik kelas II SD Negeri 2
Glanggang dengan jumlah 25 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat kevalidan Media Video animasi
Berbasis Plotagon dan Capcut berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media
sangat valid, hal ini diketahui berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan skor
100%, ahli media dengan skor 100%. Sedangkan untuk kelayakan Media Video
animasi Berbasis Plotagon dan Capcut diketahui dari skor angket respon peserta
didik sebesat 88% dengan kategori sangat valid. 2) Media Video animasi Berbasis
Plotagon dan Capcut tema 6 subtema 4 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil
belajar kognitif ditandai dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari
15% menjadi 90% sehingga peningkatan persentasi hasil belajar meningkat 75%.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Video animasi
Berbasis Plotagon dan Capcut dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta
didik kelas II Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media video Animasi Plotagon, tematik, hasil belajar kognitif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 04:47 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 04:47 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/794 |