PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN CAPCUT TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Purwanti, Yani (2025) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI BERBASIS PLOTAGON DAN CAPCUT TEMA 6 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 1 UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1786206061-YANI PURWANTI-BAB 5.pdf

Download (395kB)

Abstract

Terbatasnya media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran
pada tema 6 subtema 4 pembelajaran 1 menjadikan pembelajaran kurang efektif.
Selain itu dimasa pandemik Covid-19 ini menjadikan guru kesulitan menemukan
media pebelajaran yang sesuai untuk pembelajaran daring sehingga berpengaruh
pada hasil belajar siswa. Pengembangan media video animasi berbasis plotagon
dan capcut bertujuan untuk 1) mengembangkan produk video animasi yang layak
sebagai media pembelajaran pada tema 6 subtema 4 pembelajaran 1, 2)
meningkatkan hasil belajar kognitif materi tema 6 subtema 4 pembelajaran 1
dengan menggunakan media video animasi berbasis plotagon dan capcut.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Reseach
and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE.
Pengembangan media video animasi berbasis plotagon dan capcut melalui lima
tahap yaitu: a) Tahap Analysis, b) Tahap Evaliation, c) Tahap Development, d)
Tahap Implementasi, e) Tahap evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan
yaitu angket, tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
angket dan kuisioner. Teknik analisis data pada kelayakan media dengan
deskriptif kuantitatif dan hasil kognitif menggunakan ujicoba pretest dan posttest.
Produk yang dikembangkan diuji cobakan pada peserta didik kelas II SD Negeri 2
Glanggang dengan jumlah 25 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat kevalidan Media Video animasi
Berbasis Plotagon dan Capcut berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media
sangat valid, hal ini diketahui berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan skor
100%, ahli media dengan skor 100%. Sedangkan untuk kelayakan Media Video
animasi Berbasis Plotagon dan Capcut diketahui dari skor angket respon peserta
didik sebesat 88% dengan kategori sangat valid. 2) Media Video animasi Berbasis
Plotagon dan Capcut tema 6 subtema 4 pembelajaran 1 dapat meningkatkan hasil
belajar kognitif ditandai dengan persentase ketuntasan klasikal meningkat dari
15% menjadi 90% sehingga peningkatan persentasi hasil belajar meningkat 75%.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa Media Video animasi
Berbasis Plotagon dan Capcut dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta
didik kelas II Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: media video Animasi Plotagon, tematik, hasil belajar kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 11 Jan 2025 04:47
Last Modified: 11 Jan 2025 04:47
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/794

Actions (login required)

View Item
View Item