DESKRIPSI PERKEMBANGAN EMOSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK PGRI 7 BANTUR

Hidayah, Ifa Fiatul (2025) DESKRIPSI PERKEMBANGAN EMOSI SOSIAL ANAK USIA DINI DI TK PGRI 7 BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201076-IFA FIATUL HIDAYAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201076-IFA FIATUL HIDAYAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201076-IFA FIATUL HIDAYAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201076-IFA FIATUL HIDAYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201076-IFA FIATUL HIDAYAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201076-IFA FIATUL HIDAYAH-BAB 5.pdf

Download (444kB)

Abstract

Masa usia emas (golden age) adalah masa pendidikan anak usia dini yang
sangat disarankan untuk mengembangkan potensi anak seoptimal mungkin dengan
mengikuti tumbuh kembang anak, dari tahap kognitif dan motorik. Wolfinger
menjelaskan bahwa ada empat aspek utama dalam perkembangan sosial emosional,
yaitu afiliasi dan resolusi, konflik, dan kebiasaan positif. Aspek perkembangannya
meliputi empati, tenggang rasa, peduli, asiliasi meliputi kemunikasi dua arah,
resoulsi meliputi komunikasi, dan kebiasaan positif meliputi tata karma, kesopanan,
dan tanggung jawab, yang dalam penelitian ini direlevansikan dengan aspek
interaksi, ketaatan, dan emosi. Adapun rumusan a) masalah dalam penelitian ini
adalah: untuk mengetahui bagaimana perkembangan social emosional anak usia
dini di TK PGRI 7 Bantur. b) untuk mengetahui faktor pendukung dalam
perkembangan social emosional anak usia dini di TK PGRI 7 Bantur. c) untuk
mengetahui saja faktor penghambat dalam perkembangan social emosional anak
usia dini di TK PGRI 7 Bantur.
Metode penelitian menggunakan teknik kaulitatif dimana rancangan dalam
penelitian adalah untuk menggali informasi terkait perkembangan social emosional
anak di lingkungan TK PGRI 7, disamping itu nantinya peneliti juga akan menggali
informasi terkait faktor pendukung perkembangan social emosional dan faktor
penghambatnya, sehingga diakhir akan diketahui secara pasti bagaimana kondisi
rill di lapangan, yang mana itulah yang akan menjadi hasil dari penelitian ini
Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti dilakukan tentang
perkembangan aspek sosial emosional anak usia dini di TK PRGI 7 Bantur dapat
disimpulkan sebagai berikut: 1) Hasil observasi dan wawancara di lapangan adanya
kecenderungan wali siswa yang kurang memprioritaskan perkembangan aspek
sosial emosional anak. Mereka cenderung tertarik pada aspek intelektual, seperti
membaca, hafalan, menulis, berhitung, dan hasil prestasi dari mengerjakan tugas
yang diberikan guru, hal ini juga disebabkan oleh keberagaman kondisi ekonomi,
sosialis, dan demografis yang berbeda sehingga memengaruhi pola pikir orang tua
dan siswa; 2) Adapun faktor pendukung perkembangan social emosional anak di
TK PGRI 7 ada 3 aspek yaitu: fisik, psikologis, dan lingkungan. Kondisi fisik anak
didik di TK tersebut dalam kondisi baik, dan psikologisnya pun juga baik dengan
artian tidak ada anak yang mengalami kesulitan atau kelainan psikologis.
Lingkungan belajar dan bermain yang kondusif juga menjadi faktor pendukung
dalam perkembangan kemampuan social emosional anak usia dini di tempat
tersebut. 3) Adapunn faktor penghambat yang terjadi didalam lingkungan TK
tersebut terutama adalah faktor lingkungan dimana lingkungan mempengaruhi
anak terkait perkembangan social emosional, lingkungan yang mempengaruhi
terkait pemberian contoh yang kurang baik terhadap anak-anak.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Ifa Fiatul Hidayah, 1773201076. Universitas Islam Raden Rahmat Malang, 2021. Deskripsi Perkembangan kemampuan sosial emosional. di TK PGRI 7 Bantur.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 13 Jan 2025 03:12
Last Modified: 13 Jan 2025 03:12
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/803

Actions (login required)

View Item
View Item