Sutrisno, Sutrisno and Inayati, Isna Nurul and Ulfa, Nanik (2024) Redesain Modul Pembelajaran PAI berbasis Peace Education sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka di Jenjang Pendidikan Dasar. Exploring Contemporary Challenges and Innovations in Education, 9. ISSN P-ISSN 2477-3638/ E-ISSN 2613-9804
36. Redesain modul pembelajaran pai.pdf
Download (301kB)
Abstract
Tingkat multikulturalisme di Indonesia yang tinggi perlu disikapi secara bijak agar tidak
menimbulkan dampak negatif yang dapat mengancam persatuan bangsa Indonesia. Melalui
pendidikan, hal ini dapat disikapi salah satunya dengan mengembangkan modul pembelajaran
Agama Islam berbasis nilai peace education. Pengembangan modul PAI berbasis peace education ini
penting dilakukan terutama di jenjang pendidikan dasar, mengingat pada level pendidikan ini dasar
dasar keilmuan mulai ditanamkan. Sehingga pengembangan modul ini diharapkan memberikan
dampak pada pembentukan karakter toleran dan cinta damai dalam diri peserta didik di masa yang
akan datang. Modul ajar PAI ini dikembangkan dengan mengacu pada model diferensisai
pembelajaran pada kurikulum merdeka, dengan jenis diferensiasi proses yang dapat di wujudkan
dalam pemilihan metode pembelajaran yang mengacu pada karakteristik peserta didik yang
majemuk. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data
dalam penulisan ini diperoleh dari literatur-literatur yang berhubungan dengan topik
penelitian bertujuan untuk memperkuat pembahasan ini yaitu segala buku pendukung yang
membahas tentang nilai-nilai peace education (pendidikan perdamaian) dan integrasinya dalam
penyusunan modul pembelajaran PAI. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan analisis
konten. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan Modul Ajar PAI berbasis nilai-nilai
peace education dapat dilakukan melalui beberapa cara mulai dari diferensiasi konten, proses,
produk dan lingkungan. Dengan diferensiasi ini maka Modul ajar PAI yang dikembangkan sangat
memungkinkan untuk digunakan dalam pendidikan dasar untuk membentuk karakter toleran dan
cinta damai dalam diri siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka; Modul Pembelajaran PAI; Peace Education; Pendidikan Dasar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 02:39 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 02:39 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/899 |