Assufi, Ahmad Hanafi (2025) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PADA PASCA PANDEMI DI MTS RAUDHATUL FALAH TALOK TUREN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010149-AHMAD HANAFI ASSUFI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010149-AHMAD HANAFI ASSUFI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010149-AHMAD HANAFI ASSUFI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010149-AHMAD HANAFI ASSUFI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010149-AHMAD HANAFI ASSUFI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010149-AHMAD HANAFI ASSUFI-BAB 5.pdf
Download (288kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kepala sekolah dapat mengorganisir dengan
baik dan mampu menciptakan langkah awal yang baik untuk tetap beradaptasi
dalam kondisi pandemi sekarang ini, dimana dengan kondisi Pasca Pandemi seperti
biasanya, sehingga keadaan bukan merupakan sebuah hambatan melainkan
tantangan. Maka peneliti merumuskan masalah, yakni; (1)Bagaimana kondisi
pembelajaran di pandemi dan pasca pandemi di Mts Raudlatul falah Talok Turen.
(2)Bagaimana perencanaan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam menjaga
mutu pendidikan pada situasi pasca pandemi di Mts Raudlatul falah Talok Turen.
(3)Apa faktor pendukung dan penghambat peran kepala sekoalah merelisasikan
proses dan perencanaan pendidikan di Mts Raudlatul falah Talok Turen pada situasi
pasca pandemi sekarang ini.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Untuk mengetahui
kondisi pembelajaran, Untuk mengetahui perencanaan yang dilakukan oleh kepala
sekolah dalam menjaga mutu pendidikan, Untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat peran kepala sekolah merelisasikan proses dan perencanaan
pendidikan di Mts Raudlatul falah Talok Turen pada situasi pasca pandemi
sekarang ini. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian dilakukan dengan jenis
penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode observasi, yaitu pengamatan terkait aktifitas kepala sekolah dilakukan
secara sistematis, metode wawancara yang merupakan metode pengumpulan data
dengan menggunakan jalan tanya jawab secara lisan dengan sumber penelitian, dan
metode dokumentasi yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa
buku. Sedangkan untuk uji keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi.
Dari hasil temuan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat
mengambil kesimpulan bahwa mutu pendidikan setelah kepala sekolah
merelisasikan proses dan perencanaan pendidikan di MTs Raudlatul falah Talok
Turen pada situasi pandemi sekarang ini dapat dilihat melalui hasil kegiatan 1)
monitoring meteri pembelajaran daring berupa a) kemampuan pendidik
penyusunan Isi (materi) pembelajaran daring, b) pendidik mampu merealisasikan
pembelajaran dengan efektiv dan efisien melalui isi(materi), 2) Monitoring Strategi
pembelajaran tatap muka dan daring berupa, a) Pendidik mampu menciptakan pembelajaran kondusif, dan b) Siswa memberikan respon positif berupa feedback
melalui dikusi pada kolom komentar di google classroom, c) Pendidik mampu
mengkondisikan terkait waktu pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan daring,
dan 3) Hasil peningkatan kompetensi pendidik berupa a) Pendidik mampu membuat
media pembelajaran tatap muka dan daring, Pendidik dapat menjalin komunikasi
yang baik antar pendidik lainnya, b)Kepala sekolah dapat melakukan pemerataan
kompetensi pendidik. 4) Hasil peningkatan sarana dan prasarana, berupa Pendidik
maupun peserta didik dapat menyelenggarakan pembelajaran tatap muka dengan
maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran kepala sekolah, Perencanaan, Proses, Hasil, Mutu Penddikan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:31 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:31 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/900 |