IMPLEMENTASI METODE AN-NASHR DALAM PEMBELAJARAN MENERJEMAH AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KEDAWUNG POJOK

WULANDARI, ATIK FITRIYA (2025) IMPLEMENTASI METODE AN-NASHR DALAM PEMBELAJARAN MENERJEMAH AL-QUR’AN DI MADRASAH DINIYAH DARUL ULUM KEDAWUNG POJOK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010095-ATIK FITRIYA WULANDARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010095-ATIK FITRIYA WULANDARI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010095-ATIK FITRIYA WULANDARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010095-ATIK FITRIYA WULANDARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010095-ATIK FITRIYA WULANDARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010095-ATIK FITRIYA WULANDARI-BAB 5.pdf

Download (570kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi
metode An Nashr dalam pembelajaran menterjemah Al-Qur’an, bagaimana ampuan
menterjemah Al-Qur’an santri, serta mengetahui faktor pendukung dan faktor
penghambat santri dalam pembelajaran menterjemah Al-Qur’an dengan
menggunakan metode An Nashr di Madin Darul Ulum Kedawung Pojok. Penelitian
ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, objek penelitian
ini adalah Kepala Madin, Guru An Nashr, dan perwakilan santri di Madin Darul
Ulum Kedawung Pojok . kemudian peneliti melakukan pengamatan secara
langsung mengenai implementasi metode An Nashr dalam pembelajaran
menterjemah Al-Qur’an, melakukan wawancara dengan Kepala Madrasah, Guru
An Nashr, dan perwakilan santri Madin Darul Ulum dan dokumentasi mengambil
data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran menerjemah Al-Qur’an menggunakan
metode An Nashr sudah sesuai tahapan materi yang disajikan serta merujuk pada
tujuan dan target yang sudah ditentukan di Buku Panduan Guru. (2) kemampuan
menerjemah Al-Qur’an santri sudah cukup baik,dan bisa membantu pada saat
menghafal juz 30 yang awalnya hanya menambah satu ayat dalam sehari sekarang
menjadi 5 ayat dalam sehari. (3) adapun dalam proses pelaksanaannya pasti terdapat
faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya ialah, guru sudah pernah
mengikuti pelatihan An Nashr, serta tersedianya Buku Panduan Guru dan murid.
Sedangkan untuk faktor penghambatnya antara lain: terdapat santri yang kurang
disiplin, santri yang malas dan mudah bosan, serta kemampuan pemahaman anak
yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode An Nashr
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:39
Last Modified: 26 Feb 2025 03:39
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/912

Actions (login required)

View Item
View Item