DAMPAK PANDEMI PADA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP ISLAM KEPANJEN

SARI, EVA PURWITA (2025) DAMPAK PANDEMI PADA PEMBELAJARAN DARING PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS IX DI SMP ISLAM KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010011-EVA PURWITA SARI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010011-EVA PURWITA SARI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010011-EVA PURWITA SARI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010011-EVA PURWITA SARI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010011-EVA PURWITA SARI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010011-EVA PURWITA SARI-BAB 5.pdf

Download (129kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui proses
pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam terhadap peserta didik di
kelas IX SMP Islam Kepanjen, untuk mengetahui dampak pandemi
terhadap proses pembelajaran daring pendidikan agama islam di kelas IX
SMP Islam Kepanjen, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan
penghambat pada proses pembelajaran daring pendidikan agama islam di
kelas IX SMP Islam Kepanjen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran daring
mulai bentuk proses pembelajaran sampai penyampaian materi
pembelajaran didistribusikan dengan cara online dilihat dari komunikasi,
pemberian tugas, dan penyampaian materi. Sistem pembelajaran daring ini
dibantu oleh beberapa aplikasi yang dapat digunakan oleh pendidik dan
juga peserta didik agar bisa mengikuti proses pembelajaran daring seperti
Google Classroom, Google Meet, dan Group WhatsApp. Dampa pandemi
terhadap pembelajaran daring daring pendidikan agama islam, terbagi
menjadi dua dampak ada dampak positif dan dampak negatif. pada
dampak positifnya pendidik merasasakan memiliki skill, wawasan, dan
ilmu baru dalambidang teknologi. Dampak negatifnya ternyata peserta
didik kelas IX sering merasakan bosan , jenuh, dan lelah dalam mengikuti
proses pembelajaran secara daring. Dikarenakan beberapa faktor seperti
gangguan sinyal, belum menguasai aplikasi secara menyeluruh, dan faktor
seperti gangguan sinyal, belum menguasai aplikasi secara menyeluruh, dan
tugas yang menumpuk. Adapun faktor pendukung dan faktor pendukung
dan faktor penghambatnya. Salah satu faktor pendukungnya yaitu
tersedianya alat komunikasi berupa laptop atau handphone bai pendidik
dan peserta didik agar bisa mengikuti proses pembelajaran daring,
terdapatnya kouta gratis yang disediakan pemberintah. Sedangkan faktor
penghambatnya jaringan internet yang sering bermasalah dan lemot, serta
tidak semua peserta didik sudah memiliki alat komunikasi untuk
mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Pembelajaran Daring
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:46
Last Modified: 26 Feb 2025 03:46
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/922

Actions (login required)

View Item
View Item