STRATEGI GURU PAI DALAM MENCEGAH RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AN NUR BULULAWANG

Syahban, Fathoni (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM MENCEGAH RADIKALISME PADA PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH AN NUR BULULAWANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010080-FATHONI SYAHBAN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010080-FATHONI SYAHBAN-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010080-FATHONI SYAHBAN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010080-FATHONI SYAHBAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010080-FATHONI SYAHBAN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010080-FATHONI SYAHBAN-BAB 5.pdf

Download (375kB)

Abstract

Akhir-akhir ini di Indonesia mulai ramai berbicara tentang gerakan-gerakan
radikal yang mulai menunjukkan gerakannya. Para kaum radikal ini menjadikan
para generasi muda bangsa seperti siswa sekolah atau santri di pondok pesantren
dan mahasiswa sebagai sasaran paham mereka. Siswa maupun mahasiswa harus
mempunyai pengetahuan yang kuat agar tidak mudah dipengaruhi paham radikal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi guru PAI dalam
Mencegah Radikalisme pada peserta didik di madrasah Aliyah an nur bululawang
Mengenai (1) Apa urgensi guru pendidikan agama islam dalam mencegah paham
radikalisme pada peserta didik di madrasah Aliyah an nur bululawang? (2)
Bagaimana strategi guru pendidikan agama islam dalam upaya pencegahan
radikalisme pada peserta didik di madrasah Aliyah an nur bululawang?.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan
cara,reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pertama, peran guru PAI dalam
menangkal radikalisme yaitu guru mengajarkan agama Islam secara kontekstual,
mengajarkan toleransi, dan cinta perdamaian. Guru membimbing untuk saling
hidup rukun dan menghindari saling hujat. Guru menjadi penengah diatas
perbedaan pendapat.. Guru menjadi teladan dalam hal toleransi dan berinisiatif
mengadakan kegiatan keagamaan yang bermanfaat. Kedua, Upaya strategis guru
PAI dalam menangkal radikalisme ada dua yaitu a) melalui pembelajaran materi
berisi cara dakwah Nabi yang santun, penentuan hukum Islam untuk dapat
memahami perbedaan pendapat, dan akhlak mulia serta menggunakan strategi
inklusif dan kontekstual yang mengedepankan keterbukaan. b) melalui kegiatan
keagamaan guru PAI memberikan tambahan pemahaman Islam yang tidak
menimbulkan fanatisme golongan dan pembiasaan amal sholeh. Ketiga, Hasil
peran guru PAI dalam menangkal radikalisme pada konteks PAI. a) Peserta didik
memahami radikalisme dan bahayanya. b). Peserta didik menolak aksi kekerasan
yang mengatasnamakan agama c) Peserta didik bersikap toleran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru PAI, Radikalisme, peserta didik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:49
Last Modified: 26 Feb 2025 03:49
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/925

Actions (login required)

View Item
View Item