IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN TERJEMAH AL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH SHIROTHUL FUQOHA’

PUTRA, HELANG ALDERA (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM PELATIHAN TERJEMAH AL QUR’AN DI MADRASAH ALIYAH SHIROTHUL FUQOHA’. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010070-HELANG ALDERA PUTRA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010070-HELANG ALDERA PUTRA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010070-HELANG ALDERA PUTRA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010070-HELANG ALDERA PUTRA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010070-HELANG ALDERA PUTRA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010070-HELANG ALDERA PUTRA-BAB 5.pdf

Download (545kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah pedoman hidup manusia yang kekal hingga akhir zaman,
kewajiban umat Islam adalah mengimplementasikan nilai-nilai yang terdapat di
dalam Al-Qur’an mulai dari membaca dan mengamalkannya, menghafal dan
menafsirkannya. Upaya menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup tidak akan
berarti apa-apa tanpa mengetahui makna dan maksudnya. Salah satunya adalah
dengan menyajikan program pelatihan terjemah Al-Qur’an yang praktis dan
sistematis untuk mempermudah memahami al-qur’an.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah penelitian ini
yaitu: Bagaimana implementasi program pelatihan terjemah al-qur’an di Madrasah
Aliyah Shirothul Fuqoha’, bagaimana evaluasi program pelatihan terjemah al
qur’an , kelebihan dan kekurangan program pelatihan terjemah al-qur’an.
Sedangkan tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan implementasi program
pelatihan terjemah al-qur’an di Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha’,
mendiskripsikan evaluasi program terjemah al-qur’an, mendiskripsikan kelebihan
dan kekurangan program pelatihan terjemah al-qur’an.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni dengan jenis
deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data
yaitu teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Implementasi Program Pelatihan
Terjemah Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha’ menggunakan banyak
metode sesuai tahapan materi yang di sajikan serta merujuk pada tujuan dan target
yang sudah di tentukan dibuku panduan. (2) Evaluasi Program Pelatihan Terjemah
Al-Qur’an Di Madrasah Aliyah Shirothul Fuqoha’ dilakukan sesuai dengan tahapan
waktu dan materi yang diberikan (3) Program Pelatian Terjemah Al-Qu’an ini
memiliki banyak kelebihan dari segi tujuan dan metode, sedangkan untuk
kekurangan terletak pada materi yang di ajarkan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Program Pelatihan Terjemah Al-Qur’an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 03:51
Last Modified: 26 Feb 2025 03:51
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/931

Actions (login required)

View Item
View Item