UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS TA’ALLAMUL HUDA

HUDA, MISBAHUL (2025) UPAYA GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTS TA’ALLAMUL HUDA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-2018640100038-MISBAHUL HUDA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-2018640100038-MISBAHUL HUDA-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-2018640100038-MISBAHUL HUDA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-2018640100038-MISBAHUL HUDA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-2018640100038-MISBAHUL HUDA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-2018640100038-MISBAHUL HUDA-BAB 5.pdf

Download (854kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh karakter atau akhlak peserta didik yang
berdeda dari tahun ketahun, perbedaan ini kadang disebabkan oleh
pembelajarannya, karakter peserta didik,dan juga bisa dari guru sendiri. perbedaan
inilah yang membuat pertanyaan bagi semua orang. Dalam hal ini guru dijadika
tututan banyak pihak. Guru aqidah akhlak terutama, karana guru sebagai pendidik
bertugas untuk mendidik peserta didik, ia merupakan tokoh penting dalam
membentuk karakter seseorang dimasa mendatang. Guru menjadi toh yang
menanam nilai-nilai terpuji bagi siswa, memperbaiki perilaku yang buruk
menjadikan benar dan menjelaskan mana yang harus dan tidak harus dilakuakan.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: bagaimana pembelajaran
guru aqidah akhlak di mts ta’allamul huda? Bagaimana karakter peserta didik di
mts ta’allamul huda? Bagaimana upaya guru aqidah akhlak dalam membentuk
karakter pesertadidik di mts ta’allamul huda? Sedangkan tujuan untuk mengetahuai
pembelajaran aqidah akhlak di mts ta’allamul huda. Untuk mengetahui karakter
peserta didik di mts ta’allamul huad. Untuk mengetahu upaya guru aqidah akhlak
dalam membentuk karakter peserta didik di mts ta’allamul huda.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Dengan
langakah tahap-tahap secara umum antara lain sebagai berikut: 1)tahap pra
lapangan, 2) tahap lapangan, 3) tahap analisis data. Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi: wawancara,
observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahawa upaya guru dalam membentuk
karakter peserta didik ada dua faktor yaitu dalam membentuk karakter guru
mendesai perangkat pembelajaran dengan sebaik mumngkin memilh media
menggunakan metode agara materi bisa diterima oleh siswa dengan baik dan
diperaktekan dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat kecerdasan anak berbeda
maka penyampainan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Yang dengan dengan
pembiasaan yanag baik dalam setiap harinya seperti disiplin waktu, tanggung
jawab, dan berkata jujur. Upaya guru dalam membentuk karakter pesertadidik di
mts ta’allamul huda sudah ada peningkatan dan maksimal walaupun ada beberapa
siswa yang perlu diarahakan lagi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru dan Karakter Peserta Dididk
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 26 Feb 2025 07:34
Last Modified: 26 Feb 2025 07:34
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/960

Actions (login required)

View Item
View Item