PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KALIPARE KABUPATEN MALANG

Oktavia, Santi (2025) PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 KALIPARE KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010026-SANTI OKTAVIA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010026-SANTI OKTAVIA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010026-SANTI OKTAVIA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010026-SANTI OKTAVIA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010026-SANTI OKTAVIA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-201864010026-SANTI OKTAVIA-BAB 5.pdf

Download (564kB)

Abstract

Model cooperative learning adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan
dalam satu kelompok dengan saling bekerjasama untuk memperoleh keberhasilan,
yang mana dalam satu kelompok tersebut terdiri dari empat sampai lima anak
secara hiterogen yaitu berdasarkan kemampuan, gender, karakter dan sebagainya.
Dengan menggunakan model cooperative learning ini diharapkan satu – satunya
peserta didik dapat memahami mata pelajaran PAI dengan baik. Untuk dapat
memahami mata pelajaran PAI tersebut tentunya ada beberapa cara yang perlu di
lakukukan.
Penelitian ini memfokuskan pada model cooperative learning pada mata
pelajaran PAI di SMPN 2 Kalipare. penggunaan model cooperative learning
dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMPN
2 Kalipare dan faktor penghambat dan pendukung dalam penggunaan model
cooperative learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kalipare.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman model cooperative
learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 2 Kalipare. penggunaan model
cooperative learning dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata
pelajaran PAI di SMPN 2 Kalipare dan faktor penghambat dan pendukung dalam
penggunaan model cooperative learning pada mata pelajaran PAI di SMPN 2
Kalipare. Untuk mencapai tujuan, peneliti menggunakan metode kualitatif.
Metode pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknis analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduction data, display
data dan penyimpulan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model cooperative
learning di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Kalipare ini dapat memahamkan
peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dengan baik.
Pemahaman peserta didik meningkat dengan baik dapat dilihat dari segi hasil nilai
peserta didik menjadi lebih baik maupun dari perilaku sehari – hari baik di
lingkungan sekolah dengan meningkatnya kesopanan peserta didik terhadap guru
dan keaktifan peserta didik pada kegiatan keagamaan namun masih perlu
peningkatan ketika berada di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Cooperative learning, Pemahaman, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:05
Last Modified: 27 Feb 2025 02:05
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item
View Item